banner 740x400

banner 740x400

Sekda Inhil dan Sekda Pelalawan Lakukan MoU Daerah Perbatasan

Sekda Inhil dan Sekda Pelalawan Lakukan MoU Daerah Perbatasan
Sekda Inhil H Said Syarifuddin dan Sekda Pelalawan Tengku Mukhlis, melakukan MoU daerah perbatasan. (Foto : Safi'i Suardy)


Sekda Inhil dan Sekda Pelalawan Lakukan MoU Daerah Perbatasan

SIJORIKEPRI.COM, PELALAWAN — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indragiri Hilir, H Said Syarifuddin, bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Pelalawan, Tengku Mukhlis, Senin, (16/9/2019) siang, melaksanakan penandatangan kerja sama atau MoU (Memorandum of Understanding) daerah perbatasan antar dua kabupaten tersebut.

MoU yang dilakukan di kantor Bupati Pelalawan ini, merupakan bagian penting dari kesepakatan kedua belah pihak, di dalam pemanfaatan pola ruang, yang bertujuan mendapatkan persetujuan substansi dari Kementerian ATR-BPN (Agraria Tata Ruang-Badan Pertanahan Nasional), untuk selanjutnya diperlukan di dalam penyusunan Ranperda RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) dari dua kabupaten tersebut, yakni diantaranya mencakup, antara lain Hutan Produksi Tetap, Kawasan Perkebunan, Hutan Produksi Yang Dapat Dikonversi, dan Kawasan Sempadan Pantai.

Sekdakab Inhil, H Said Syarifuddin SE MP M.Sn, menjelaskan, selain kabupaten Pelalawan, kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) sudah pula melakukan MoU atau kesepakatan daerah perbatasan dengan kabupaten tetangga lainnnya, yakni diantaranya kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi, dan kabupaten Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

“Alhamdulillah kita baru saja menadantangi MoU daerah perbatasan bersama Sekda Pelalawan, yang mana wilayah kita berbatasan langsung dengan kabupaten Pelalawan. MoU ini menjadi penting, karena merupakan salah satu persyaratan persetujuan RTRW. Setelah dengan Pelalawan ini, kita akan menggesa untuk beberapa Kabupaten lain yang juga berbatasan dengan Inhil. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama kedepan, bisa kita rampungkan,” jelas Sekda Inhil.

Rasa syukur dan terimakasih serupa juga disampaikan oleh Sekdakab Pelalawan, Tengku Mukhlis. Ia berharap, dengan MoU ini, akan lebih banyak lagi sinergitas yang bisa dibangun antar dua pemerintah daerah, yakni Inhil dan Pelalawan.

“Kami atas nama pemerintah daerah kabupaten Pelalawan, mengucapkan terimakasih atas kunjungan saudara sejawat kami Bapak Said Syarifuddin (Sekdakab Inhil, Red). Dengan ditandatangani kesepakatan ini, sebagai tugas kami (Selaku Sekda, Red), dalam menyiapkan juga RTRW kabupaten Pelalawan, yang sebagiannya telah selesai. Dan kami bisa melanjutkan ke tahap berikutnya,” tutup Tengku Mukhlis.

Dalam MoU yang telah disepakati antara dua kabupaten tersebut, yakni Inhil dan Pelalawan, pemerintah daerah yang diwakili oleh Sekda dari kedua belah pihak tersebut juga bersepakat untuk berkomitmen meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang lebih intens, baik dari segi perencanaan dan dan pelaksanaan pembangunan. Juga dalam hal komitmen melestarikan kawasan hutan lindung, mengoptimalkan pemanfaatan Sumber Daya Alam (SDA), dengan tetap memperhatikan pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup. (Wak Saf)

Click to rate this post!

[Total: 0 Average: 0]

Tags: , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

banner 728x90

 

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan