banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Selain Tiket, Ada Pungutan “UANG RAMP DOOR” di Pelabuhan Roro Karimun

Selain Tiket, Ada Pungutan “UANG RAMP DOOR” di Pelabuhan Roro Karimun
Ramp Door Pelabuhan Roro Parit Rempak, Kabupaten Karimun. (Foto : Taufik)


Selain Tiket, Ada Pungutan “UANG RAMP DOOR” di Pelabuhan Roro Karimun

SIJORIKEPRI.COM, KARIMUN –Telah lama, Ramp Door pelabuhan Roro Parit Rempak, Karimun, tidak berfungsi alias rusak. Namun, hingga kini, pihak Badan Usaha Pelabuhanan (BUP) Kabupaten Karimun maupun pihak terkait lainnya, tidak kunjung melakukan perbaikan.

Akibatnya, setiap kendaraan yang hendak memanfaatkan kapal Roro, terpaksa menunggu air pasang untuk naik ke kapal. Karena, jika air surut, Ramp Door pelabuhan Roro tidak bisa dilalui.

”Kita heran saja, mengapa pihak terkait tidak memperbaiki Ramp Door pelabuhan Roro. Padahal, selain tiket masuk kapal Roro, petugas mengambil uang kedatangan melalui Ramp Door pelabuhan Roro,” ujar salah satu supir lori, yang enggan namanya dipublikasikan, kepada Sijori Kepri, Sabtu, (29/9/2018) lalu.

Terkait kutipan uang masuk diluar tiket ini, katanya Rp 600 ribu untuk 1 kendaraan Puso dan Rp 100 ribu untuk kendaraan Lori/Truk.

Masih kata supir ini, jika boleh jujur, para supir lori dan supir mobil besar lainnya, sangat dirugikan. Karena, kerusakan Ramp Door pelabuhan Roro Parit Rempak, membuat kendaraan terkena air laut.

”Keluar dan masuk kendaraan melalui Ramp Door pelabuhan Roro Parit Rempak, hanya bisa dilakukan saat air pasang. Semua mobil basah oleh air laut. Lama kelamaan, kondisi mobil berkarat dan hal ini sangat merugikan pemilik mobil,” katanya.

Di tempat berbeda, Dirut Badan Usaha Pelabuhanan (BUP) Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Syahrizal, mengatakan bahwa, pihaknya tak pernah memungut kendaraan yang datang, tapi kalau keberangkatan itu ada .

“Kami tak pernah pungut kok kalau kendaraan datang, tapi kalau keberangkatan memang ada. Bukan pungli, memang ada tarifnya dan pas/tiketnya ada sama yang orang BUP di lapangan, bisa liat dan hubungi orang lapangan, temuilah dulu,” ujar Dirut BUP, Selasa, (2/10/2018).

“Saran saya, ketemulah orang lapangan biar jelas masalahnya. Ok,” ucap Syahrizal.

Sementara, keterangan dari salah satu Kepala Pelabuhan Roro Parit Rempak, Nurhaizat, meminta wartawan menemui pimpinannya.

”Maaf bang, abang kan dah jumpe same pimpinan kami, saye rase, saye tak perlu jelaskan lagi,” katanya.

Ditanya terkait pungutan uang Ramp Door pelabuhan Roro Parit Rempak, pejabat ini berujar semua keputusan anak buah adalah perintah atasan.

”Ha ha, semue itu ade SK, bang, kalau tak ade SK tak mungkin kami berani ambek (Pungut-red). Kalau dari dulu itu salah, dah lame kami selesai bang,” pungkasnya, sambil ketawa. (Wak Fik)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan