Seluruh Kecelakaan Pesawat di Indonesia “TERNYATA PILOTNYA POSITIF”

Seluruh Kecelakaan Pesawat di Indonesia “TERNYATA PILOTNYA POSITIF”
Budi Waseso (Foto: ANTARA)

SIJORIKEPRI — Fakta mengejutkan disampaikan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso di sela-sela pengukuhan ribuan pecalang di Bali menjadi relawan Anti Narkoba di Gedung Wiswa Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Kamis (12/1/2017). Hal paling fenomenal adalah penggunaan narkoba di kalangan para pilot di Indonesia. “Seluruh kecelakaan pesawat di Indonesia, entah itu sekadar tergelincir, hasil pemeriksaannya semuanya positif narkoba,” ujarnya.

Di Bali sendiri beberapa tahun lalu pernah kejadian, pesawat Lion Air mendarat di laut dekat ujung landasan. Ternyata diketahui pilotnya berhalusinasi bahwa landasan pacu di Bandara Ngurah Rai sangat lebar dan panjang sampai di atas laut. Makanya ia mengarahkan pesawatnya di atas laut. Untung di laut, sehinggga tidak ada korban jiwa,” kisahnya.

Kasus terakhir adalah pilot Citilink di Surabaya yang mengonsumsi rokok gorila. “Saya sudah mendapatkan laporan bahwa si pilot itu dengan tahu dan sadar bahwa dia akan menerbangkan pesawat. Tetapi dia tetap menggunakan ‘gorila.’ Ini adalah pembunuhan berencana atau percobaan pembunuhan. Sudah pasti kalau dia menerbangkan pesawat itu, pesawatnya pasti jatuh. Semuanya mati,” ucapnya.

BNN, menurut mantan Kabareskrim Polri ini, sudah berkoordinasi dengan Direskrimum Polda Jatim untuk menjerat pilot Citilink itu dengan pasal pembunuhan berencana atau percobaan pembunuhan nyawa orang lain.

Lebih lanjut, menurut Budi, dua pilot Susi Air terindikasi menggunakan narkoba. Bila itu dilakukan saat akan menerbangkan pesawat, dikatakan Kepala BNN, bahwa kedua pilot tersebut bisa dikenakan atau diancam pasal percobaan pembunuhan.

“Hasil pemeriksaan pilot ini mengakui dan dengan sadar menggunakan narkoba,” tegas Waseso. Untuk diketahui kedua personil pilot Susi Air diketahui terindikasi usai mengkonsumsi narkoba saat dilakukan pemeriksaan.

Itu terjadi saat pesawat yang diterbangkannya mendarat di Bandara Tunggul Wulung, Cilacap dari Bandara Nusa Wiru dengan menggunakan pesawat Cessna Caravan.

Budi menegaskan bahwa seluruh pilot yang terbukti mengonsumsi narkoba saat hendak bertugas Budi memastikan BNN akan mengaitkan dengan pasal percobaan pembunuhan. “Selain percobaan pembunuhan sudah tentu izin menerbangkan pesawat akan dicabut. Itu harus,” ujarnya. (Arnoldus Dhae/OL)

(Sumber: Mediaindonesia.com)

Tags: , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan