banner 740x400

banner 740x400

Serap Aspirasi, DPD RI Dapil Kepri “RESES di NATUNA”

Serap Aspirasi, DPD RI Dapil Kepri “RESES di NATUNA”
Anggota DPD RI Komite 4 Dapil Kepri, Haripinto Tanuwidjaja, saat reses di di Gedung Utama Sri Serindit, Ranai, Kabupaten Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
– Dengarkan Berbagai Masalah dari Masyarakat dan Instansi.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Komite 4 asal Daerah Pemilihan (Dapil) Kepulauan Riau (Kepri), Haripinto Tanuwidjaja, yang didampingi Ka Bakesbangpol Kabupaten Natuna, Muhtar Ahmad, menggelar “Reses” di Kabupaten Natuna, bertempat di Gedung Utama Sri Serindit, Ranai, Kamis, (10/08/2017).

Dalam resesnya, Haripinto, mendengarkan berbagai masalah dari masyarakat maupun dari instansi terkait yang berhubungan dengan pembangunan daerah Natuna, diantaranya, yaitu Masalah Telekomunikasi yang sampai saat ini belum begitu efektif, sehingga perlu penanganan yang lebih serius lagi, pengusulan pembangunan “Lapas” dan “Asrama Polri” yang sampai saat ini belum ada di Natuna, peningkatan budidaya ikan hidup dan masalah lainnya, yang telah masuk dalam agenda prioritasnya untuk dibahas dan diusulkan ditingkat pusat nantinya.

Pada kesempatan itu, Haripinto Tanuwidjaja, dalam sambutannya mengatakan, Reses adalah suatu sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat dalam menjalin jembatan pemahaman dan perjuangan pembangunan daerah, yang tidak lepas dari kekuatan politik sebagai representasi untuk mewakili daerah guna memfasilitasi, memediasi, dan melakukan langkah-langkah penyelesaian masalah dan pemenuhan aspirasi tentang intensitas dan kualitas komunikasi dalam memperkuat pemahaman atas persoalan dan kebutuhan daerah secara riil.

Untuk itu, kata Haripinto, DPD perlu membangun komunikasi intensif dengan Pemda dan masyarakat tentang apa saja yang menjadi kewenangan Provinsi/Kabupaten/Kota yang akan diusulkan pembiayaannya melalui Dana Alokasi Khusus (fisik) kepada pusat.

Dalam hal ini, lanjut Haripinto, DPD akan menyesuaikan penyerapan aspirasi dalam bentuk usulan proyek fisik yang bisa diadvokasi dan diperjuangkan ditingkat pusat sebagai kebutuhan riil daerahnya.

“Maka perlu ada komunikasi yang harmonis dengan Pemda, serta ditunjang dengan data yang kuat dan akurat dalam membantu realisasi perjuangan untuk memajukan daerah ditingkat nasional,” kata Haripinto.

“Kedepan kita berharap, serap aspirasi melalui reses ini dapat semakin efektif. Saya sudah merintis pola penerimaan, pengelolaan, dan penindaklanjutan aspirasi daerah ini melalui pedoman pedoman kelembagaan dan efektivitas kerjasama serta koordinasi dengan mitra kerja,” katanya lagi.

Seluruh ikhtiar ini, ujar Haripinto, sangat mungkin dilakukan dalam rangka percepatan pembangunan daerah, sehingga masyarakat dan Pemda benar-benar merasakan kehadiran dan kontribusi DPD.

“Apabila hal ini dilakukan secara rutin, maka saya yakin, kepercayaan publik terhadap pentingnya eksistensi DPD akan terbangun, sehingga dengan sendirinya penguatan DPD di tengah-tengah masyarakat semakin jelas dan nyata,” pungkas Haripinto.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, sejumlah FKPD, pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Natuna, para Camat, sejumlah Kepala Desa, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda dan undangan lainnya. (SK-Nard)

 

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan