banner 740x400

banner 740x400

Sidak Beras Sintetis Hasilnya Nihil

Sidak Beras Sintetis Hasilnya Nihil
Ilustrasi Beras Sintetik (foto: google)

SIAK (SK) — Mencuatnya beras sintetis (plastik) yang beredar di pasaran, langsung disikapi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) bersama Badan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan, dengan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) pemeriksaan langsung di tingkat distributor dan pengecer.

Sidak yang dipimpin langsung Kadisperindagkop Drs H Wan Bukhori MSi langsung menelusuri Pasar Tradisional Belantik Raya Kecamatan Siak. Sasaran yang dituju adalah pedagang beras. Beras-beras yang dijual pedagang langsung diperiksa petugas. ‘’Saya ingatkan pedagang jangan jual beras sintetis,’’ tegas Wan Bukhori, didampingi Kabid Perdagangan Hendra dan petugas pemantau Diperindag serta Badan Penyuluh, Senin (25/5/2015).

Usai pemeriksaan beras pada pedagang, rombongan melanjutkan pemeriksaan ke gudang distributor yang ada di pasar lama. Hasil pemeriksaan langsung di distributor beras untuk wilayah Kabupaten Siak serta berdasarkan pemeriksaan langsung di Pasar Belantik Raya, tidak ditemukan adanya beras sintetis.

Ini berdasarkan pengecekan secara langsung dengan memeriksa bentuk butiran beras, warna, serta berat jenis butiran. Jika sintetis butiran beras akan terapung sedangkan butiran beras asli akan mengendap karena lebih berat. ‘’Dapat lihat dan saksikan sendiri kan, berasnya yang sintetis nihil,’’ ujar dia.

Saat ini, petugas pendataan fluktuasi harga keperluan pokok masyarakat di 14 kecamatan terus intens dilakukan pengawasan dan mengecek langsung terhadap peredaran beras sitentis ini.

Dihimbau kepada masyarakat Siak agar waspada dan apabila ditemukan peredaran beras sintetis, dapat melaporkan melalui call centre Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan dengan Nomor 085363688000.

Selain itu, pihaknya juga menyarankan kepada masyarakat untuk mengkonsumsi beras lokal seperti beras Bunga Raya, Sabak Auh, dan Sungai Mandau. (SK-DG/R).

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan