banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SMKN 2 Bintan Optimis Kelulusan 100 Persen

SMKN 2 Bintan Optimis Kelulusan 100 Persen
SMKN 2 Bintan Optimis Kelulusan 100 Persen (Foto:DER)

– Kepsek : Bahan Ajar Sudah Dikuasai Anak

BINTAN (SK) — Dengan berakhirnya masa Ujian Nasional yang diselenggarakan serentak diseluruh Indonesia untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), termasuk diwilayah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, pada Kamis (16/4/2015).

Nampaknya, para pelajar baik SMA maupun SMK belum bisa bernafas lega. Pasalnya, dari informasi yang diterima dilapangan, hasil kelulusan para siswa akan diumumkan pada pertengahan bulan Mei mendatang. Tentu saja, rentan waktu yang cukup panjang itu, membuat para pelajar yang usai melaksanakan ujian masih deg-degan menanti hasil pengumuman tersebut.

Namun demikian, pihak SMKN 2 Bintan yang berdomisili di Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur itu, tetap yakin hasil kelulusan akan tetap maksimal. Karena, jika dilihat dari proses belajar mengajar yang terjadi selama ini di SMKN 2 Bintan dapat memastikan bahwasanya hasil kelulusan 100 persen. Menurut Kepala Sekolah SMKN 2 Bintan, selama ini para siswa kelas XII di SMKN 2 Bintan telah menyerap seluruh bahan ajar kejuruan yang diajarkan oleh guru masing-masing jurusan.

“Didalam silabus yang kami terima selama proses belajar, seluruh sub-sub bahan ajar sudah kami ajarkan kepada seluruh siswa disetiap jurusan. Dan kami melihat, para siswa juga sudah maksimal menyerap bahan ajarnya itu,” tutur Ahmad diruang kerja, Kamis (16/4/2015) pagi.

Apalagi penentu kelulusan siswa baik itu SMA maupun SMK tidak lagi bergantung pada hasil UN semata. Karena, predikat siswa selama disekolah memiliki kontribusi 70 persen sebagai penentu kelulusan, sedangkan hasil UN hanya memberikan kontribusi 30 persen saja. Tentu saja hal tersebut, membuat Ahmad semakin percaya diri bahwa kelulusan siswa di sekolah yang dipimpinnya itu akan mencapai angka maksimal.

Memang, ia juga tak memungkiri, kekurangan buku-buku seperti buku penunjang untuk jurusan perhotelan masih terbatas. Akan tetapi, kekurangan tersebut tak berdampak besar terhadap proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

“Memang dengan sistem penentu kelulusan yang seperti saat ini, pihak sekolah agak sedikit terbebani. Akan tetapi berbagai persiapan kita selama 4 bulan terakhir dengan melakukan ujian Try Out sebanyak 3 kali, sehingga saya optimis hasil kelulusan akan 100 persen,” tegasnya lagi.

Di SMKN 2 yang baru beberapa tahun berdiri itu, terdapat 3 jurusan yang diajarkan, diantara mencangkup soal Akomodasi Perhotelan, Akuntansi serta Tata Busana Butik. Namun, pada tahun ajar 2014-2015 kemarin, pihak SMKN 2 Bintan juga telah mencoba membuat terobosan baru dengan membuka kejuruan baru yakni Rekaya Perangkat Lunak (RPL).

“Tahun ajaran baru kemarin kita juga sudah membuka jurusan baru yaitu RPL, dan jumlah siswanya baru kita buka 25 siswa saja pada penerimaan kemarin. Kita sengaja batasi karena, melihat sarana dan prasana penunjang di sekolah kita juga, sekarang ini siswanya baru kelas X saja. Dan jumlah guru kejuruannya berjumlah 21 guru,” tambahnya. (SK-DER)

Tags: ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan