banner 740x400

banner 740x400

Susi Air Launching Perdana “PESAWAT LET 410 BUATAN RUSIA”

Susi Air Launching Perdana “PESAWAT LET 410 BUATAN RUSIA”
Andi Hendra Suryaka, Kepala UPBU Dabo saat memberikan kata sambutan. (Foto : Puspandito)

SIJORIKEPRI.COM, DABO SINGKEP — Untuk meningkatkan pelayanan penerbangan dan guna mendukung transportasi udara Kepulauan Riau, Susi Air launching penerbangan perdana pesawat LET 410 buatan Rusia, dari Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Dabo Singkep, Rabu, (11/10/2017).

Kepala Kantor UPBU Dabo Singkep, Andi Hendra Suryaka, mengatakan, launching penerbangan perdana pesawat Susi Air LET 410 ini, karena sampai saat ini Susi Air yang paling berperan aktif untuk menjadi jembatan udara bagi masyarakat yang ada di Kepulauan Riau.

Dikatakan, ini juga sebagai bentuk komitmen Pemerintah bekerjasama dengan swasta dalam hal ini, Susi Air ingin memberikan yang terbaik buat masyarakat Indonesia, khususnya di Kepulauan Riau.

“Kita semua tahu, bahwa Kepulauan Riau ini geografisnya berbeda dengan daerah pulau-pulau yang ada di pulau Jawa maupun di Kalimantan, yang mayoritas masih bisa lewat melalui transportasi darat, sementara di Kepulauan riau terdiri dari pulau yang terpisah-pisah,” ungkap Andi, dalam sambutannya di Bandara Dabo.

Andi melanjutkan, inilah yang menjadi tantangan kami dari pemerintah khususnya di Kementerian Perhubungan, untuk memberikan kemudahan transportasi lain yang selama ini sudah bisa menggunakan transportasi laut, dan kita terus ingin menambahkan dengan transportasi lain yakni, traransportasi udara.

Jelas Andi, akhirnya pesawat LET 410 ini menjadi bentuk komitmen dari Susi Air untuk memberikan yang terbaik, selama ini yang terbang menggunakan pesawat kecil dengan jeni Caravan atau Casa seri 200 sekarang menggunakan 410, meski dengan kapasitas yang sama, namun dari kecepatannya berbeda.

“Untuk jenis Casa yang sekarang kecepatannya 130 knot, sementara 410 ini kecepatannya 200 knot, itu artinya lebih cepat. Dan yang paling menarik adalah, pesawat LET 410 ini adalah satu-satunya pesawat buatan Rusia yang ada di Indonesia dan langsung digunakan di Bandara Dabo,” terangnya.

Ditempat yang sama, Crystine, Manager Safety and Quality Susi Air, menyampaikan, Susi Air telah malang melintang di dunia penerbangan sejak tahun 2004, yang dimulai dari satu jenis pesawat Caravan C208 dan hingga saat ini total pesawat yang dimiliki Susi Air 50 armada.

Katanya lagi, pada tahun sebelumnya kita telah punya tipe pesawat multi engine Dornier 228, tapi Dornier tersebut waktu kita ambil bukan dikondisi baru, dan hanya sekitar 3 tahun berikutnya kami memutus untuk membeli pesawat yang baru. Pesawat LET 410 yang saat ini kita miliki, adalah pesawat pertama di Indonesia, untuk pertama kali kami bawa ke Sumatra dulu karena Sumatra paling membutuhkan.

“Untuk rencana jangka panjang, kita akan membeli lagi pesawat, rencananya 4 pesawat tapi kita coba dulu satu ini. Saya harap dengan adanya armada baru ini, ekonomi masyarakat di Kabupaten Lingga semakin berkembang dan banyak turis yang datang,” sebutnya.

Pemkab Lingga yang diwakili Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Cipil, Syamsudi, mengatakan, dengan launching pesawat perdana ini, akan memudahkan maayarakat Lingga untuk saling berhubungan debgan daerah lain. Dan yang paling terpenting dengan penambahan armada ini, akan menambah dampak positif ke bidang-bidang yang lain.

“Dengan penambahan pesawat ini, diharapkan juga bisa menambah pariwisata di Kabupaten Lingga dan yang lainnya,” imbuhnya.

Hadir pada launching perdana pesawat Susi Air di Bandara Dabo, Wakapolres Lingga, perwakilan dari TNI AL/AD serta OPD Pemkab Lingga, Masyarakat dan dari Panti Asuhan Kasih Ibu. (SK-Pus)

Tags: , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan