Tanamkan Jiwa Enterpreneurship Pada Generasi Muda

Tanamkan Jiwa Enterpreneurship Pada Generasi Muda
Ilustrasi entrepreneur (foto:google)
KAMPAR (SK) — Jiwa enterpreneurship bukan hanya milik kaum dewasa, bukan hanya milik orang-orang yang sedang berusaha mencari nafkah. Jiwa enterpreneurship hendaklah ditanamkan pada generasi muda, karena melalui tangan-tangan kreatif generasi muda-lah kelak, pembangunan akan berlanjut.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H Jefry Noer SH didampingi Kabag Humas Pemkab Kampar Sabaruddin SSos kepada Kamparkab, Minggu (17/5/2015), ketika berbincang tentang upaya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kampar untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Dengan diterapkannya pendidikan kewirausahaan atau enterpreneurship di sekolah-sekolah, maka para siswa akan mendapat bekal pengetahuan yang cukup tentang berwirausaha. Berbekal pengetahuan itu, setelah tamat kelak, para siswa diharapkan dapat menjadi pelaku usaha secara mandiri. “Bila jiwa enterpreneurship ini berhasil ditanamkan dalam diri para siswa, maka kelak akan muncul wirausahawan-wirausahawan baru yang memberi kesempatan kerja kepada orang lain. Mereka akan menyerap tenaga kerja sehingga menjadi pendukung terwujudnya zero pengangguran di Kampar,” ungkapnya.

Pada masa krisis global sebagaimana yang dihadapi manusia saat ini, diperlukan karakter yang kuat untuk bertahan di dalamnya. Karakter entrepreneurship tersebut sangat cocok sebagai modal untuk dapat sukses. . Mengembangkan karakter entepreneurship, bukan berarti menciptakan pedagang atau wirausaha, namun terlebih dari itu, jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) ini dipandang sebagai satu ciri karakter yang memiliki kekuatan pribadi dalam menghadapi tantangan dunia. Seorang dengan karakter entrepreneurship ini, diharapkan mampu menjadi penggerak kemajuan sebuah daerah.

Bupati menjabarkan bahwa salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam membina anak-anak untuk memiliki jiwa enterpreneurship adalah dengan menerapkan kegiatan sebagaimana lokasi percontohan Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi (RTMPE). Program yang sedang digalakkan oleh Pemkab Kampar ini kini sudah mulai menyebar di kecamatan-kecamatan dan desa di Kabupaten Kampar.

Ketika mengajak para pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ihsan Boarding School (IBS) Jumat (15/5/2015) lalu ke lokasi RTMPE di Kubang Jaya, Bupati menyampaikan betapa pentingnya kreativitas memanfaatkan lingkungan sehingga menjadi sumber pendapatan bagi keluarga, serta berpotensi dikembangkan di dunia pendidikan.

Penerapan RTMPE dapat dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, diberikan pelatihan dan kemudian melakukan praktik tentang perikanan, peternakan, pertanian holtikultura serta proses pengolahan kotoran sapi menjadi biogas.  “RTMPE merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan ekonomi keluarga karena RTMPE bisa membuat sebuah keluarga mandiri, memenuhi kebutuhan keluarga dan meningkatkan perekonomian keluarga. Di lahan yang hanya seluas 1000 meter persegi, sebuah keluarga bisa mengembangkan beberapa usaha seperti peternakan sapi, peternakan ayam dan ayam petelur, kolam ikan, menanam tanaman pangan,” ungkapnya.

Jefry menyebutkan bahwa Ponpes merupakan salah satu lokasi yang potensial untuk menerapkan RTMPE. Bila program ini diterapkan, maka para santri memiliki pengalaman berharga dan memiliki pengetahuan yang bermanfaat. Selain itu, pihak pesantren juga akan memiliki sumber energi yang mandiri.

Pimpinan Pondok KH Misron Agusmar LC yang berkesempatan berkunjung ke lokasi percontohan RTMPE menyatakan bahwa pihaknya sangat tertarik dengan program RTMPE. Dalam waktu dekat sesegera mungkin akan kami mengirim utusan Pondok untuk mengikuti pelatihan. (SK-DG/R)

Tags:
banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan