Tips Agar “KETUPAT TIDAK MUDAH BASI”

Tips Agar “KETUPAT TIDAK MUDAH BASI”
Ketupat (Foto : Kulinersehat.com)

SIJORI KEPRI — Saat lebaran, salah satu sajian khas yang tak boleh kelewatan adalah ketupat. Makanan dengan bahan beras dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang masih muda ini pasti jadi incaran saat keluarga berkumpul dan merayakan hari raya.

Tapi ketupat pun juga butuh perlakuan yang tepat agar tak cepat basi. Ketupat bisa bertahan lama dan bisa dimakan kapan pun jika kamu tahu cara menyimpannya. Tak butuh bahan-bahan kimia pengawet kok jika ingin ketupat tahan lama atau tak mudah basi. Hanya tips ini yang kamu butuhkan.

  1. Masak hingga benar-benar matang
    Waktu yang dibutuhkan untuk masak ketupat agar matang sempurna umumnya 4-5 jam. Jika ketupat matang sempurna, risiko basi juga semakin kecil. Perebusan yang lama akan mematikan bakteri hingga bagian dalam ketupat. Jika matang sempurna, ketupat tak mudah berair dan lembek. Dan selama dimasak, pastikan ketupat terendam semua, agar matangnya merata.
  2. Siram dengan air dingin
    Setelah ketupat padat dan matang sempurna. Matikan api, ambil ketupat dari air rebusan dan siram ketupat dengan air dingin. Cara ini bukan hanya akan membersihkan sisa air rebusan, tapi juga menghilangkan kotoran atau lendir daun yang menempel dan berpotensi membuat ketupat mudah basi.
  3. Tiriskan hingga kering
    Setelah disiram, tiriskan di tampah atau wadah yang luas dan biarkan hingga kering. Taruh di tempat yang mudah terkena udara, arena ketupat lebih cepat basi jika mengandung banyak air.
  4. Gantung ketupat dan angin-anginkan
    Menggantung ketupat di udara terbuka ternyata jadi acara terbaik menyimpan ketupat agar tahan lama. Biarkan ketupat digantung dan diangin-anginkan. Cara ini bisa membuang sisa air, biarkan menetes sehingga daun ketupat kering.

Karena ketupat terbuat dari daun kelapa yang dianyam sehingga padat tertutup, cara ini sebenarnya juga membantu membuat ketupat terlindungi dari bakteri. Dan tips di atas sangat membantu membuat ketupat tahan lama dan bisa dimakan tanpa takut cepat basi. Ketupat bisa bertahan paling tidak 4 hari.

(Sumber : Vemale.com)

Tags: ,
banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan