Usut Korupsi E-KTP, “KPK PERIKSA EKS KETUM DEMOKRAT”

Usut Korupsi E-KTP, “KPK PERIKSA EKS KETUM DEMOKRAT”
Anas Urbaningrum (Foto: okezone)

JAKARTA (SK) — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus mendalami kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik (e-KTP) tahun 2011-2012 kembali bergulir. Kali ini, penyidik KPK memanggil mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.

Terdakwa dalam kasus korupsi proyek pembangunan sarana dan prasarana Hambalang ter‎sebut akan digali keterangannya untuk tersangka Sugiharto. Dalam hal ini, Anas pernah menjabat anggota DPR saat berlangsung pembahasan anggaran proyek e-KTP.
“Iya, dia diperiksa sebagai saksi untuk tersangka S (Sugiharto),” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (10/1/2016).

Selain itu, penyidik lembaga antirasuah juga menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. Ia juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Sugiharto.

Tak hanya bekas politikus partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono yang hari ini diperiksa penyidik KPK. Ketua Umum Golkar yang juga Ketua DPR, Setya Novanto juga akan digali keterangannya dalam proyek ini. Novanto sendiri sudah hadir memenuhi panggilan penyidik.

Pemeriksaan Anas dan Novanto disinyalir untuk menggali pernyataan yang pernah dilontarkan Nazar beberapa waktu lalu. Ketika itu, Nazar menyebut bahwa Anas dan Novanto merupakan ‘otak’ dari proyek senilai Rp6 triliun tersebut. Nazar juga menyebut keduanya telah menerima fee dari korupsi e-KTP.

Dalam kasus ini, lembaga antirasuah baru menjerat dua orang tersangka. Mereka adalah mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Ditjen Dukcapil Kemendagri‎, Sugiharto. Keduanya juga telah dijebloskan ke tahanan. (fas)

(Sumber: okezone.com)

Tags: , ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner 740x400

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan