kapro: Pos Tunggal (single.php) "VARIASI SOAL UN MENCAPAI RATUSAN" - Sijori Kepri
banner 740x400

“VARIASI SOAL UN MENCAPAI RATUSAN”

“VARIASI SOAL UN MENCAPAI RATUSAN”
Foto: Istimewa

PURWOKERTO (SK) — Peluang bagi guru maupun peserta didik untuk melakukan kecurangan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dipastikan sangat kecil. Pasalnya variasi paket soal yang akan diujikan dalam ujian cukup banyak, bahkan mencapai ratusan paket.

Kepala SMP 4 Purwokerto, Aji Kusmanto, mengungkapkan meski dalam pelaksanaan ujian lokasi tempat duduk peserta berdekatan, namun kemungkinan mereka untuk melakukan kecurangan sangat kecil. Pasalnya variasi soal ujian antartempat duduk dipastikan berbeda.

Meski materi yang diujikan sama, tetapi dipastikan naskah soalnya akan berbeda. Bahkan informasi yang diperoleh, setidaknya ada sekitar 400 variasi paket soal dalam ujian nasional dengan sistem Computer Based Test (CBT) tersebut.

”Jadi walaupun tempat duduk peserta didik berdekatan, tetapi naskah soalnya dipastikan tidak akan sama. Mereka bisa saja menyontek, namun akan percuma, sebab soalnya pasti berbeda,” terangnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Kasi Kurikulum Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Agus Wahidin. Menurutnya, variasi soal yang akan diujikan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer cukup melimpah.

Dia menjelaskan, dalam pembuatan soal ujian tidak hanya dilakukan oleh Kemendikbud, tetapi daerah juga dilibatkan. Bahkan guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) diajak untuk ikut berperan sebagai penulis soal.

”Baik UN dengan sistem berbasis komputer maupun manual atau paper based test (PBT), variasi soalnya sama banyaknya. Perbedaannya hanya ada pada media yang digunakan, di mana yang satu menggunakan media komputer dan satunya lagi masih manual dengan menggunakan kertas,” ujarnya. (Budi Setyawan/CN19/SMNetwork)

(Sumber: suaramerdeka.com)

Tags: ,
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

banner 740x400

banner

banner 728x90

banner

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan