banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Warga Desa Pengudang Minta Bantuan Pemkab Bintan

Warga Desa Pengudang Minta Bantuan Pemkab Bintan
Dermaga Desa Pengudang, Kabupaten Bintan.
(Foto : Satrio Sakti Purwanto)

BINTAN (SK) — Dermaga masyarakat yang terletak di Desa Pengudang, Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan, mendapat keluhan dari masyarakat sekitar, terkait panjang jembatan yang terlalu pendek dari batas garis pantai.

Dermaga yang seharusnya digunakan untuk mempermudah warga untuk kepentingan menyandarkan kapal dan sebagai jalan pintas mengangkut ikan yang berhasil ditangkap mendapat keluhan dari masyarakat, terkait panjang jembatan yang menurut masyarakat tidak memenuhi standart.

“Kami sulit untuk naikkan hasil tangkapan kedarat, karena dermaga yang jauh,” ujar Kamali, kemarin.

Dikatakannya, warga masyarakat di Desa Pengudang, yang mayoritas bekerja sebagai nelayan merasa kesulitan kalau mau membawa ikan ke darat. Air pasang saja air di dermaga itu hanya beberapa meter dan kadang kelong nggak bisa disandarkan.

“Apalagi kalau air surut, kami bisa memikul ikan sampai beratus-ratus kilo ke darat. Kalau Dermaga dipanjangkan, kami bisa menggunakan motor buat ngangkut hasil tangkapan,” imbuhnya.

Hal ini terlihat dari pantauan Team Sijori Kepri dilapangan, mengenai kondisi dermaga yang terlalu pendek, jika air laut surut maka akan tampak dasar laut sejauh kurang lebih 300 meter dari Dermaga.

Sementara itu, Ketua RW setempat, mengatakan, bahwa dia sudah mengajukan untuk perpanjangan dermaga ke Pemerintah Kabupaten Bintan, akan tetapi tidak ditanggapi.
“Kami sudah mengajukan, tetapi tidak ditanggapi. Mendingan Dermaga ini dihancurkan saja, dari pada tidak berguna bagi nelayan,” ujar Ketua RW Kesal.

“Kami sudah berulang kali mengajukan surat untuk perpanjangan Dermaga, tetapi selalu saja tidak ditanggapi, Kami hanya meminta diperpanjang sejauh sekitar 500 meter saja. Kalau Dermaga ini dipanjangkan, para nelayan nggak perlu lagi ngangkut ikan jauh-jauh lagi, nelayan pun pasti lebih semangat nyari ikan,” pungkasnya.

Pemerintah seharusnya lebih memperhatikan lagi terkait kondisi Dermaga yang tidak memenuhi standart ini, mengingat mayoritas masyarakat di Desa Pengudang ini adalah Nelayan. Indonesia saat ini sedang gencar–gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur laut yang merupakan salah satu dari program 5 poros maritime dunia. Pembangunan perpanjangan Dermaga akan sangat berpengaruh dalam meningkatkan pendapatan Daerah di Kabupaten Bintan, khususnya di Desa Pengudang. (SK-SSK)

Dermaga Desa Pengudang, Kabupaten Bintan.(Foto : Satrio Sakti Purwanto)

Dermaga Desa Pengudang, Kabupaten Bintan. (Foto : Satrio Sakti Purwanto)

Dermaga Desa Pengudang, Kabupaten Bintan.(Foto : Satrio Sakti Purwanto)

Dermaga Desa Pengudang, Kabupaten Bintan. (Foto : Satrio Sakti Purwanto)

 

Tags: , , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan