banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

Warga Kecewa “TIDAK BISA GUNAKAN KIS”

Warga Kecewa “TIDAK BISA GUNAKAN KIS”
Kartu Indonesia Sehat (KIS). (Foto : Puspandito)
– Di Puskesmas Lain.

SIJORIKEPRI.COM, DABO SINGKEP — Pemegang Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang dikeluarkan Pemerintah pusat merasa kecewa. Pasalnya saat dirinya ingin berobat ia tidak bisa menggunakan KIS di Puskesmas lain yang ada di Kabupaten Lingga, selain Puskesmas yang mengeluarkan KIS tersebut.

“Saya ingin berobat di Puskesmas di Kecamatan Selayar, yang berada di Desa Penuba, namun saya tidak bisa berobat menggunakan KIS tersebut, pihak Puskesmas di Penuba mengatakan, kartu tersebut hanya bisa digunakan pada Puskesmas yang mengeluarkannya,” ungkapnya, Hairul, kepada SIJORIKEPRI.COM, Rabu, (24/01/2018).

Karena tidak dapat menggunakan kartu tersebut di Puskesmas itu, lanjut Hairul, meski tidak mahal untuk berobat, karena sakit saya tetap berobat menggunakan biaya sendiri, meski uang yang saya miliki juga pas-pasan.

Apakah KIS tersebut, jelas Hairul, memang hanya bisa digunakan di Puskesmas yang mengeluarkannya saja, tentunya ini selain menjadi pertanyaan bagi pemegang KIS juga akan membuat kecewa mereka, mengingat Kartu Indonesia Sehat tersebut dikeluarkan oleh Pusat.

“Pemegang KIS tentu akan kecewa jika ingin berobat di Puskesmas yang bukan mengeluarkan KIS, karena mereka harus membayar untuk berobat, sakit kan tidak diketahui kapan datangnya dan dimana kita berada,” terangnya.

Seharusnya, tambah Hairul, saat Puskesmas yang mengeluarkan KIS juga langsung menjelaskan kepada penerima, bahwa KIS tersebut hanya bisa digunakan untuk Puskesmas yang mengeluarkannya, sehingga masyarakat penerima KIS mengetahuinya.

Sementara itu, katanya lagi, pemegang kartu kesehatan untuk berobat gratis yang dikeluarkan Pemerintah daerah, bisa digunakan di mana-mana Puskesmas yang berada di Kabupaten Lingga.

“Untuk mengambil kartu kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah daerah, jelas saja susah karena nama kita terdaftar di Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Saat dikonfirmasi ke Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kabupaten Lingga, M Syamsu Rizal, terkait Kartu Indonesia Sehat yang dikeluarkan Pemerintah Pusat tidak bisa digunakan di Puskesmas lain, selain Puskesmas yang mengeluarkannya, belum menerima jawaban pesan singkat maupun WhatsApp yang dikirim belum dibalas. (SK-PUS)

 

Tags:
banner 740x400

banner

banner

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan