banner 740x400

banner 740x400

Weni Lis : Kader PKK Harus Lebih Jeli Menjelaskan “BAHAYA KANKER”

Weni Lis : Kader PKK Harus Lebih Jeli Menjelaskan “BAHAYA KANKER”
Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni. (Foto : Untung/Munsyi Bagus Utama)

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Payudara Internasional, Ikatan Dharma Adyaksa Dharmakarini dan PKK Tanjungpinang menggelar pemeriksaan Kanker dengan IVA tes, Sadanis dan Memografi gratis, dengan tema “Wujudkan Wanita Indonesia Bebas Kanker”, yang dibuka langsung oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, di halaman Kantor Lurah Sei Jang, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Senin, (02/10/2017).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weni SH, (Weni Lis Darmansyah, Red) yang juga anggota DPRD Kepri, dalam sambutannya berharap, mudah-mudahan dengan gerakan-gerakan yang dilakukan dari Dinas Kesehatan dan seluruh organisasi yang ada dalam menjelaskan bahaya kanker, masyarakat Kota Tanjungpinang bisa lebih sadar.

“Bahwa kalau sudah terkena kanker payudara, rahim, maupun kanker-kanker yang lain dalam stadium lanjut, itu sudah sulit untuk diobati,” ungkapnya.

Weni sangat menyayangkan masih banyak ibu-ibu yang takut, malu, dan dengan berbagai alasan tidak mahu memeriksa lebih dini tentang keberadaan benih kanker pada dirinya sendiri.

Oleh sebab itu, lanjutnya, kader RT/RW, Posyandu, dan kader-kader PKK harus lebih jeli untuk menjelaskan kepada masyarakat luas, bahwa kita perempuan ini sangat rentan mempunyai benih bibit kanker.

“Baru-baru ini anggota saya sendiri, masyarakat yang ada di Kelurahan Batu IX, di KM. 13, meninggal dunia. Sampai meninggal, karena kanker payudara, tidak mau dibawa kemana-mana. Karena kalau dipegang saja sakit. Jadi tidak bisa diangkat kemana-mana,” ungkapnya lagi.

Weni juga memberikan apresiasi kepada Ikatan Dharma Adyaksa Dharmakarini Tanjungpinang dan seluruh jajaran Kejari, yang telah bersedia melaksanakan kegiatan di Kota Tanjungpinang, tepatnya di Kelurahan Sei Jang, dan seluruh SKPD.

“Juga Kepada Pemprov Kepri, yang dalam hal ini diwakili dr Lastri, dan semoga nantinya disampaikan kepala Kepala Dinas, kapan untuk terjun ke Tanjungpinang bersma-sama melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti ini,” ujarnya.

Di acara yang sama, Ketua Ikatan Dharma Adyaksa Dharmakarini Tanjungpinang, Purwani Utami (Tami) Ahmad Pribadi, sebagai pelaksana acara mengatakan, ini adalah peran serta mereka untuk masyarakat, agar lebih menyadarkan bahwa perempuan sangat rentan terkena kanker.

Menurutnya, mereka (ibu-ibu, red) biasanya hanya mengurus anak dan suami, sementara kesehatan mereka sendiri lupa. Sedangkan kanker itu, kalau tidak cepat diketahui, tahu-tahu stadiumnya sudah lanjut.

“Jadi kalau dirawat, hanya ngulur-ngulur waktu saja, sementara biayanya sangat besar,” ujarnya.

Dalam mewujudkan peran organisasi yang dipimpinnya kepada masyarakat, termasuk melaksanakan kegiatan seperti ini, Ia berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan, dan dilevel atas lagi dengan Kejaksaan Tinggi, dan Kadis Kesehatan Provinsi.

Mengenai sejauh mana sosialisasi kanker yang dilakukannya,ia bersama dengan kader-kadernya, berusaha untuk simultan, meskipun dengan segala keterbatasan. Tentunya tidak mungkin bisa menjangkau semuanya, dan paling tidak mereka telah berinisitif turut serta membantu untuk bisa berperan aktif.

“Saya berharap kepada ibu-ibu bisa menjaga kesehatan diri, dan selalu waspada dan menyadari bahwa penderita kanker itu meningkat,” tutupnya.

Acara ini juga turut dihadiri Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, Herry Ahmad Pribadi SH MH, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kepri, Ketua BPJS Kesehatan, Ikatan Dharma Adyaksa Dharmakarini Tanjungpinang, Kader PKK Tajungpinang, Lurah se-Kecamatan Bukit Bestari, dan puluhan perawat Puskesmas. (SK-MU)

 

Tags: , , , ,
banner 740x400

banner

banner

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

LAGU SPECIAL UNTUK PEMBACA SIJORI KEPRI

SIJORIKEPRI.COM - TERVERIFIKASI DEWAN PERS

DEWAN PERS - VERIFIKASI MEDIA SIJORI KEPRI.COM
banner

banner 728x90

banner

Subscribe

Ikuti Perkembangan berita terbaru dan terlengkap langsung ke email anda, silahkan berlangganan berita kami.

No Responses

Tinggalkan Balasan