10 Ribu Penduduk Anambas Masih Pengangguran

oleh

ANAMBAS (SK) — Panitia Khusus (Pansus) Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Akhir Masa Jabatan (AMJ) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas dari tahun 2010-2015, Roky Hasudungan Sinaga, menyampaikan dalam paripurna kemarin, tingkat pengganguran di Kabupaten Kepulauan Anambas mencapai 40 persen dari jumlah penduduk, yakni kurang lebih 48 ribu jiwa. Artinya hampir 10 ribu jiwa penduduk Anambas yang mengalami pengangguran, Tarempa, Kamis, (9/7/2015).

Menurutnya, dari hasil analisa oleh pansus pihaknya dapat mengeluarkan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, agar dapat memprioritaskan penciptaan lapangan kerja dan menanggulangi pengangguran di daerah ini melalui penyediaan proyek-proyek padat karya.

“Serta mengupayakan masuknya investasi bidang jasa, perdagangan dan Usaha Kecil Menengah (UKM), agar dapat terjadi penyerapan tenaga kerja secara signifikan,” ucap Roky.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kepulauan Anambas Zairin ketika dikomfirmasi Sijori Kepri terkait Rekomendasi Pansus, mengaku kaget, setelah Pansus mengatakan bahwasanya tingkat pengangguran di Anambas mencapai 40 persen dari jumlah penduduk atau sekitar 10 ribu jiwa.

BACA JUGA  Alokasi Anggaran Disdik Anambas Langgar Amanat UU

“Hal tersebut tidak benar,” ucapnya.

Dikatakan Zairin, adapun laporan yang kami sampaikan sesuai dengan Indek Pencari Kerja. Hingga kini masih dalam tahap normal yang berjumlah sekisar 314 jiwa.

“Ya sayapun bingung juga, tapi saya belum bisa katakan apakah kesalahan menganalisa dari pihak Pansus atau dari pihaknya. Hal ini akan saya koordinasikan lagi dengan pansus agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam mengartikan terkait laporan pihaknya,” imbuhnya.

Menurut Zairin, pihak Pansus harus dapat membedakan antara “Pencari Kerja” dengan “Usia angkatan kerja”. Salah satu contoh Nelayan dan Petani tidak memiliki pekerjaan tetap, akan tetapi mereka pekerja profesi dan tidak bisa kita masukan kategori pengangguran. Apalagi yang disampaikan kemarin penggangguran penduduk Anambas mencapai 40 persen dari jumlah penduduk.

“Ya mungkin salah menghitung saja itu kawan-kawan Pansus,” katanya kepada Jurnalis Sijori Kepri. (SK-Ind)

LIPUTAN ANAMBAS : INDRA GUNAWAN
EDITOR : RUSMADI

Kadisnakertrans  Anambas Zairin.(Photo : Indra Gunawan)
Kadisnakertrans Anambas Zairin.
(Photo : Indra Gunawan)
Ketua Pansus Roky Hasudungan Sinaga.(Photo : Indra Gunawan)
Ketua Pansus Roky Hasudungan Sinaga.
(Photo : Indra Gunawan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.