BINTANHEADLINE

130 Anak Ikuti Sunat Massal Gratis, Gubernur Ansar Ahmad: Komitmen Pemprov Bina SDM dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan

×

130 Anak Ikuti Sunat Massal Gratis, Gubernur Ansar Ahmad: Komitmen Pemprov Bina SDM dan Tingkatkan Kualitas Kesehatan

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyalami anak-anak peserta Sunat Massal Gratis. (Foto : Ist)

BINTAN — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membuka acara Sunat Massal Gratis yang diikuti sebanyak 130 anak dari keluarga kurang mampu di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bintan, Senin, (20/11/2023) pagi.

Kegiatan Sunat Massal Gratis dengan tema “Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Merupakan Upaya untuk Mengenang, Menghayati dan Meneladani Semangat Persatuan, Kesatuan, Kegotong Royongan dan Kekeluargaan” digelar oleh Dinas Sosial Provinsi Kepri dalam rangka memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) Tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Kepada anak-anak yang mengikuti Sunat Massal Gratis ini diberikan juga paket tali asih, berupa uang transportasi, buku tulis, baju, kain sarung dan konsumsi yang diserahkan langsung oleh Gubernur Ansar Ahmad, didampingi Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (Ketua LKKS) Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar.

Gubernur Ansar Ahmad dalam sambutannya mengatakan bahwa sunat tidak hanya merupakan kewajiban bagi umat Islam, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan. Ia mengatakan bahwa sunat terbukti membuat tubuh lebih sehat dan bersih. Ia juga mengatakan bahwa banyak umat agama lain yang melakukan sunat karena alasan yang sama.

Gubernur Ansar Ahmad juga menyampaikan, bahwa acara Sunat Massal Gratis ini merupakan bentuk kepedulian bersama dan kewajiban pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang kemampuannya terbatas untuk melakukan kewajiban terhadap anak-anaknya.

“Pemerintah akan terus memprogramkan dua urusan penting, yaitu pembinaan sumber daya manusia (SDM) dan urusan kesehatan. Keduanya ibarat dua sisi mata uang. Orang pintar kalau sehat baru produktif. Mudah-mudahan anak-anak menjadi generasi yang sehat dan bermanfaat,” kata Ansar Ahamd.

Ansar juga menyebutkan beberapa program kesehatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh pemerintah, seperti rumah singgah yang sudah diresmikan di Batam dan Jakarta, pembangunan rumah sakit jiwa di Tanjung Uban, dan pemasangan ring jantung yang sudah bisa dilakukan di RSUD Raja Ahmad Tabib di Tanjung Pinang. 

Pada kesempatan itu, Ansar juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut.

Kepada orang tua, Gubernur Ansar berpesan untuk mendidik anak-anak sebaik mungkin. Ia mengatakan bahwa pemerintah akan terus berusaha bagaimana pendidikan maju dan berkembang, tetapi orang tua juga harus memiliki peran penting. 

“Untuk itu kerja sama dan sinergi antara pemerintah, masyarakat, dan keluarga sangat penting dalam menciptakan SDM yang unggul. Masa depan Kepri, Indonesia, ada di tangan anak-anak kita,” tutupnya. ***

(ron)