,

16 Pencari Kerja Ditempa Jadi Tour Guide

oleh
16 Pencari Kerja Ditempa Jadi Tour Guide 1
Penyerahan secara simbolis Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada perwakilan peserta Diklat oleh Sekda Natuna, Wan Siswandi. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

16 Pencari Kerja Ditempa Jadi Tour Guide

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Beberapa langkah sudah dilakukan Pemerintah Daerah dalam mengoptimalkan sektor unggulan daerah, salah satunya sektor Pariwisata. Dan hasilnya pada waktu lalu Natuna ditetapkan sebagai salah satu Geopark Nasional.

Status Geopark diraih mengingat Natuna benar-benar memiliki potensi destinasi wisata yang cukup eksotis. Dan hendaknya hal ini dapat disikapi oleh semua pihak sebagai peluang bersama bagi mengembangkan pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan daerah.

Hal ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi S.Sos M.Si, dalam sambutannya sekaligus membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan “Bahasa Inggris” Bagi Pencari Kerja Pemandu Wisata (Tour Guide), di Aula BLK Disnakertrans Kabupaten Natuna, Kamis, (3/10/2019).

Lanjut Wansis, pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan kali ini difokuskan pada penguasaan bahasa inggris yang nantinya diperuntukkan bagi mempersiapkan SDM yang memiliki minat untuk berperan sebagai pemandu wisata bagi wisatawan asing yang akan berkunjung ke Kabupaten Natuna.

“Untuk itu, saya berharap kepada seluruh peserta agar benar-benar mengukuti dan memahami setiap materi yang diberikan para tutor, sehingga dapat menjadi pemandu wisata yang handal. Pada gilirannya memberikan pengaruh pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Natuna, H Hussyaini S.IP, dalam laporannya mengatakan, bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk membekali dan meningkatkan pengetahuan para pencari kerja pemandu wisata agar dapat berbahasa inggris dalam memandu dan melayani setiap wisatawan asing yang berkunjung ke Kabupaten Natuna.

Dikatakannya, penyelenggaraan Diklat ini dilaksanakan selama 2 bulan, terhitung mulai tanggal 3 Oktober 2019 hingga 2 Desember 2019, bertempat di BLK Disnakertrans Kabupaten Natuna, dengan peserta sebanyak 16 orang diantaranya, 6 orang laki-laki, dan 10 orang perempuan.

Sedangkan pembiayaan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah – Perubahan (APBD-P) Tahun 2019.

Adapun Narasumber, didatangkan dari Choice English Course, Tulungrejo Pare, Kediri, dengan Tutor, Mr. Slamet Raharjo, dan Miss. Bentari Dwi Jannah.

Hussyaini, menambahkan, bagi para peserta yang menyelesaikan seluruh kegiatan dengan baik, akan diberikan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan (Certificate Of Comfetence).

Turut hadir dalam dalam kegiatan ini, Para Asisten, Para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Natuna, dan segenap undangan lainnya. (nard)

16 Pencari Kerja Ditempa Jadi Tour Guide 2
Sekda Natuna, Wan Siswandi, menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan Pelatihan Keterampilan Bahasa Inggris Bagi Pencari Kerja Pemandu Wisata (Tour Guide). (Foto : Bernard Simatupang)
16 Pencari Kerja Ditempa Jadi Tour Guide 3
Pengalungan tanda peserta secara simbolis kepada perwakilan peserta Diklat oleh Sekda Natuna, Wan Siswandi. (Foto : Bernard Simatupang)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner