166 Guru Natuna Ikuti Diklat Kurikulum 2013 “DAN PELATIHAN TEMATIK”

oleh -4 views
Disdikpora Natuna Gelar Diklat Kurikulum 2013 dan Pelatihan Tematik Guru, yang diikuti 166 peserta. (Foto : Bernard Simatupang)
– Dibuka Sekretaris Disdikpora Natuna, Tabranizal.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Keberhasilan pelaksanaan kurikulum dijenjang pendidikan sangat ditentukan oleh kesesuaian antara kompetensi guru dengan kurikulum dan buku yang digunakan. Ketersediaan buku sebagai bahan/sumber ajar dan peran pemerintah daerah dalam pembinaan dan pengawasan manajemen daerah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Marka DJ, SPd, yang diwakili Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Sekretaris Disdikpora) Kabupaten Natuna, Tabranizal S.Sos, M.Si, dalam kata sambutannya, sekaligus membuka secara resmi Diklat Implementasi Kurikulum 2013 bagi Guru SD Tahun 2017 se-Kabupaten Natuna, dan Pelatihan Tematik Guru Tahun 2017 tentang Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan se Kabupaten Natuna, di Aula Rumah Makan, Sisi Basisir Ranai, Senin, (20/11/2017).

Tabranizal, mengatakan, Diklat Implementasi Kurikulum diselenggarakan merupakan langkah strategis sebagai media untuk menginformasikan isi kurikulum kepada guru, dan juga sebagai wahana untuk merubah pola pikir para guru agar semakin kompeten.

“Dengan adanya implementasi kurikulum ini, diharapkan pemerintah daerah dan dinas terkait dapat tergugah hatinya, untuk turut serta berperan aktif dalam peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Natuna, serta dapat melaksanakan perannya dalam memberikan dukungan, pendampingan, serta mengawasi proses pembelajaran di masing-masing Sekolah Sasaran Pelaksanaan Kurikulum 2013,” katanya.

Selanjutnya, Tabranizal, mengucapkan selamat datang dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua peserta yang telah hadir dalam mengikuti Diklat.

“Semoga apa yang diupayakan oleh Bapak, Ibu guru, dengan meninggalkan tugas dan keluarga dapat memperoleh nilai tambah yang luar biasa,” ucapnya.

Ia berharap kepada peserta untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan dapat mengambil ilmu yang diterapkan untuk menjadi bahan diskusi sesama peserta dan teman-teman di sekolah sepulangnya dari kegiatan ini.

Harapan yang lebih besar tentunya, tidak saja hanya menghadiri kegiatan ini, tetapi betul-betul belajar menimba ilmu untuk dibawa pulang dan dapat diterapkan di sekolah Masing-masing.

“Sekiranya dalam kegiatan ini terdapat kekurangan secara prinsip dari Dinas Pendidikan, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari Bapak, Ibu sebagai peserta. Ini akan menjadi bahan koreksi dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Natuna, supaya kegiatan berikutnya dapat lebih baik lagi,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Panitia Pelaksana, Yurnalis SPd, dalam laporannya, mengatakan, hari ini Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga menggelar 2 kegiatan yang dibuka sekaligus oleh Sekretaris Disdikpora, Tabranizal S.Sos M.Si.

Diantaranya, Diklat Implementasi Kurikulum Bagi Guru SD, kelas 2, se-Kabupaten Natuna diikuti sebanyak 86 orang peserta, bertempat di Aula RM Sisi Basisir Ranai, dan Pelatihan Tematik Guru Tahun 2017, Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan se-Kabupaten Natuna berjumlah 80 orang, bertempat di Peliona Hotel Ranai, jadi jumlah peserta keseluruhanya sebanyak 166 orang.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari, yaitu mulai tanggal 20 sampai 23 November 2017, dengan biaya dari APBD Natuna Tahun 2017.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala LPMP Kepri, Ulfa Maria, beserta rombongan (sebagai narasumber), Instruktur Kurikulum Nasional untuk Kabupaten Natuna Suryati, Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Hidayat, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Saharman, Kepala Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat H Rustam Judin, dan seluruh peserta. (SK-Nard)

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400