,

200 Personil Polres Natuna Ikuti Upacara Peringatan HUT Pancasila

oleh
Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir (HUT) Pancasila dilingkungan Polres Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Malas Baca, Tekan Ini”]

200 Personil Ikuti Upacara Peringatan HUT Pancasila

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — , AKBP Nugroho Dwi Karyanto, S.I.K, memimpin Upacara Peringatan Hari Lahir (HUT) Pancasila dilingkungan , bertempat di Lapangan Upacara Mapolres Natuna, Jalan H Adam Malik, Air Mulung, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu, (1/6/2019) pagi.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 dengan tema “Kita Indonesia Kita Pancasila” diikuti 200 personil dan segenap jajaran anggota beserta staf .

Kapolres Nugroho, dalam sambutannya membacakan amanat Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia, Hariyono, mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali para pendiri bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujarnya.

Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna, hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika,” tambahnya.

“Melalui Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, saya yakin semakin menumbuhkan konsistensi dan merealisasikan Pancasila yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan bagi masyarakat,” imbuhnya.

Dipenghujung sambutanya mengajak untuk bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.

“Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegasnya. (nard)

Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider
banner 1050x130