28 Oktober Pelantikan Ketua DPRD Kepri Definitif

oleh
– Sejalan dengan Hari Sumpah Pemuda

TANJUNGPINANG (SK) — Surat Keputusan (SK) Ketua dan Wakil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI telah ditandatanganinya. Kini tinggal menentukan jadwal pengambilan sumpah atau pelantikan empat pimpinan DPRD Provinsi Kepri yang diperkirakan tanggal 28 Oktober 2014.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Kepri, Soerya Respationo, mengatakan, Jumaga Nadeak sebagai Ketua definitif yang diusung oleh PDIP yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April lalu, mendatangi dirinya, Senin (13/10).

“SK Mendagri sudah diteken, terkait dengan pengukuhan atau pelantikan saat ini sedang berkonsultasi dengan Ketua Pengadilan Tinggi (KPT) Provinsi Riau, untuk mentntukan jadwalnya. Namun, saya mengusulkan pelantikan dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober ini,” ungkap Soerya, disela-sela sidak pembangunan Jembatan I Dompak, kemairn.

Dijelaskannya kembali, Dirinya secara pribadi mengusulkan pengambilan sumpah empat pemimpin DPRD Kepri bisa dilaksanakan yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, pada 28 Oktober.

BACA JUGA  Dewan Kesal, Dirut PDAM Tirta Kepri “TAK HADIR di PARIPURNA”

“Momen itu, secara filosofinya bisa membuat kita bangkit kembali. Karena kandungan isinya yang menegaskan bahwa kita bangsa Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, berbangsa yang satu dan berbahasa yang satu yakni Indonesia,” tegasnya.

Kemudian, Soerya mengatakan, usulan tersebut akan disampaikan kepada pasrtai-pasrtai lainya. Dan mudah-mudahan usulan itu bisa cocok dan disetujui, karena menurutnya hari tersebut merupakan hari bersejarah bagi pemuda-pemudi Indonesia kala itu.

“Dalam waktu dekat ini, Ketua Sementara DPRD Kepri, Tawarich dan Sekwan Eko Sumbaryadi akan bertemu Ketua Pengadilan Tinggai di Riau untuk menentukan jadwal pengambilan sumpah tersebut,” pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya, empat calon pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepri definitif disahkan dalam rapat paripurna yang digelar, belum lama ini.

Wakil Ketua DPRD Kepri sementara, Asmin Patros mengatakan, nama-nama usulan pimpinan sudah ditetapkan sesuai surat dari masing-masing Parpol dan telah disahkan dalam rapar paripurna, kemarin.

Dirincikan Asmin Patros, antara lain keempatnya adalah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Parpol yang memperoleh suara terbanyak pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April lalu mengusulkan Jumaga Nadeak SH sebagai Ketua DPRD Kepri.

BACA JUGA  Proyek SWRO Terkendala “INI PENYEBABNYA”

“Kemudian yang ditetapkan sebagai Wakil Ketua I,II dan III DPRD Kepri, yakni Partai Golongan Karya (Golkar) yang memperoleh suara terbanyak kedua mengusulkan Rizki Faisal SE. Selanjutnya Partai Demokrat mengusulkan Apri Sujadi S.Sos dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) mengusulkan dr Amir Hakim H Siregar SpOG,” ungkap Asmin Patros. (HK/SK-001)

Shares