31 Rumah Terendam Banjir di Desa Sebadai Hulu

oleh
Masyarakat Desa Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, penerima bantuan korban banjir. (Foto : Bernard Simatupang)
Wakil Bupati Natuna, Hj Ngesti Yuni Suprapti, hadir di Desa Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, memberikan bantuan kepada korban banjir. (Foto : Bernard Simatupang)

31 Rumah Terendam Banjir di Desa Sebadai Hulu
– Pemkab Natuna Beri Bantuan.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Karena belakangan ini menjadi langganan banjir, Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Natuna melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan melakukan normalisasi sungai Desa Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut.

Terjadinya banjir di Desa Sebadai Hulu ini, akibat terjadinya pendangkalan pada dasar sungai, sehingga perlu normalisasi dengan cara membersihkan dan mengeruk dasar sungai tersebut. Dengan demikian ketika hujan turun, dan sungai sepanjang 9 (sembilan) kilometer itu dapat menampung lebih banyak air dan tidak meluap lagi.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti MA, saat melakukan peninjauan dan pemberian bantuan terhadap para korban banjir di Desa Sebadai Hulu, Kecamatan Bunguran Timur Laut, pada Rabu, (12/2/2020), siang.

Wakil Bupati Natuna, Hj Ngesti Yuni Suprapti. (Foto : Bernard Simatupang)

Ngesti menjelaskan, bahwa penormalisasian sungai tersebut merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Daerah untuk menanggulangi terjadinya banjir akibat meluapnya sungai yang ada di Desa tersebut.

“Dinas PU sudah menganalisa beberapa anggaran yang perlu disiapkan untuk program normalisasi sungai tersebut sebesar Rp 2 milyar,” kata Ngesti.

Ngesti meminta agar masyarakat Desa Sebadai Hulu dapat bersabar, karena Pemda Natuna belum bisa merealisasikannya di tahun ini.

“Sabar dulu, Insya Allah tahun depan kita anggarkan untuk penormalisasian sungainya, supaya Desa Sebadai Hulu tidak banjir lagi,” jelas Ngesti.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sebadai Hulu, Darmawan, menyampaikan terimakasih kepada Pemda Natuna, yang telah sudi memberikan bantuan terhadap warganya yang terdampak banjir, dan berencana melakukan penormalisasian sungai di Desa yang dipimpinnya saat ini.

Kata Darmawan, banjir yang terjadi pada Selasa, (11/2/2020) kemarin, telah merendam sedikitnya 31 rumah milik penduduk setempat.

“Akibatnya sebagian dari mereka ada yang mengungsi ketempat yang lebih tinggi, sampai menunggu air surut,” katanya kepada awak media.

Darmawan menyebutkan, bahwa diawal tahun 2020 ini, sudah dua kali terjadi banjir di Desanya. Menurut dia, melakukan normalisasi sungai adalah langkah yang paling tepat yang harus dilakukan oleh Pemda Natuna.

Selain dari Pemda Natuna, sebelumnya pihak Polres Natuna, Kodim 0318/Natuna, Basarnas Natuna, serta sejumlah lembaga lainnya juga telah memberikan bantuan berupa tenaga maupun materil terhadap puluhan warga yang terdampak banjir di Desa Sebadai Hulu tersebut. (nard)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]