,

32 Pelaku Usaha Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

oleh
Pengalungan tanda peserta Pelatihan Kewirausahaan secara simbolis oleh Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna, H Tasrif Amran. (Foto : Prokopim Natuna)
Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna, H Tasrif Amran, membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan, yang diselenggarakan Disperindagkopum Natuna. (Foto : Prokopim Natuna)

Sijori Kepri, Natuna — Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal M.Si, melalui Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Natuna, H Tasrif Amran, membuka secara resmi Pelatihan Kewirausahaan, yang diselenggarakan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Natuna, bertempat di Trend Central Hotel, Jalan Pramuka – Ranai, Senin, (9/3/2020).

Asisten Tasrif, dalam sambutannya menyampaikan permintaan maaf dari Bupati Natuna H Abdul Hamid Rizal, tidak dapat hadir bersama-sama disini karena tugas yang tidak bisa ditinggalkan.

Pada kesempatan ini, kata Tasrif, suatu kesempatan besar bagi kami bisa berkumpul bersama para pelaku wirausaha pemula yang ada di Kabupaten Natuna.

“Oleh karenanya, momen ini menjadi sangat berharga untuk dapat menjalin silaturahmi, serta menyerap berbagai informasi dan aspirasi, khususnya dibidang kewirausahaan yang menjadi perhatian kita bersama sebagai bagian dari unsur pembangunan perekonomian daerah,” ujar Tasrif.

Pemerintah Kabupaten Natuna, lanjut Tasrif, tentunya akan sulit membangun Natuna khususnya kewirausahaan tanpa keterlibatan masyarakat langsung. Dimana masyarakat sebagai pelaku kewirausahaan memiliki peran penting untuk mengembangkan, serta meningkatkan keberlangsungan perekonomian bangsa sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nomor 20 Tahun 2008.

“Oleh karenanya, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memacu pertumbuhan kewirausahaan pemula di Kabupaten Natuna, guna mendukung penciptaan lapangan kerja, penanggulangan kemiskinan, pengurangan kesenjangan pendapatan dan peningkatan penghidupan berkelanjutan,” pungkas Tasrif, mengakhiri sambutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disperindagkopum Natuna, Agus Supardi, dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan jumlah wirausahaan yang berkualitas, menghasilkan inovasi usaha yang memiliki manfaat bagi semua masyarakat, meningkatkan kesadaran tentang kewirausahaan yang tangguh, dan menciptakan lapangan kerja yang lebih luas.

Dikatakannya, kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, yaitu dari tanggal 9 hingga 11 Maret 2020, diikuti para pelaku usaha pemula pada usaha mikro dan koperasi yang aktif dalam berbagai macam sektor usaha di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Natuna.

Lanjut Agus Supardi, kegiatan ini diikuti 32 peserta dari 13 Kecamatan di wilayah Kabupaten Natuna diantaranya, Kecamatan Bunguran Timur 3 orang, Kecamatan Bunguran Timur Laut 2 orang, Kecamatan Bunguran Tengah 1 orang, Kecamatan Bunguran Selatan 2 orang, Kecamatan Bunguran Barat 4 orang, Kecamatan Bunguran Utara 4 orang, Kecamatan Pulau Laut 2 orang, Kecamatan Pulau Tiga 3 orang, Kecamatan Midai 4 orang, Kecamatan Serasan 2 orang, Kecamatan Serasan Timur 2 orang, Kecamatan Subi 2 orang, dan Kecamatan Bunguran Batubi 1 orang.

“Kesempatan atau peluang ini biasaya tidak datang dua kali, untuk itu saya berharap kepada semua peserta pelatihan kewirausahaan agar benar-benar memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin, sehingga dapat menjadi pelaku bisnis yang sukses,” pungkas Agus Supardi, mengakhiri laporannya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI Drs Sanata Prayojana MM, Para Asisten dan Staf Ahli Setda Kabupaten Natuna, para pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, para peserta pelatihan, dan para undangan lainnya. (nard)

Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro (Disperindagkopum) Natuna menggelar Pelatihan Kewirausahaan, bagi 32 Pelaku Usaha. (Foto : Prokopim Natuna)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]