, ,

4 Pasar Baru “AKAN DIBANGUN di KARIMUN”

oleh
4 Pasar Baru “AKAN DIBANGUN di KARIMUN” 1
Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyerahkan kunci secara simbolis kepada salah seorang pedagang Pasar Teluk Uma. (Foto : Taufik)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

banner 740x400

KARIMUN (SK) — Bupati Karimun, Aunur Rafiq, meminta kepada Kadisperkop, UKM dan ESDM Pemkab Karimun, Muhammad Yosli, untuk melakukan revitalisasi sejumlah pasar di Karimun (Pasar Teluk Uma) dan di Pulau Kundur tahun ini, karena jumlah pedagang semakin banyak.

Selain itu, Bupati juga mengatakan, akan ada pembangunan pasar lagi dibeberapa titik di Bumi Berazam ini, dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat tahun 2018.

“Rencana pembangunan pasar di tahun depan itu, yakni di Tanjung Penagak tepatnya didepan PLTU, Kecamatan Tebing. Kemudian di jalan baru Parit Rampak Roro, Kecamatan Meral,” kata Rafiq, saat meresmikan bangunan di Pasar Baru Teluk Uma, Kecamatan Tebing, Selasa, (31/01/2017).

Aunur Rafiq melanjutkan, penambahan pasar ini dikarenakan jumlah pedagang saat ini sudah semakin banyak.

“Jumlah pedagang semakin banyak. Untuk pembangunannya mengunakan anggaran dari Provinsi Kepri dan Pemerintah Pusat,” lanjutnyanya.

Sementara itu Kadis Perdagangan, Koperasi, UKM dan Energi Sumber Daya Mineral Pemkab Karimun, Muhammad Yosli, menyampaikan pasar yang diresmikan ini dibangun mengunakan anggaran DAK tahun 2015. Pelaksanaan pembangunannya di tahun 2016 dengan anggaran Rp 1.413.590.000 oleh CV. Bangun Bumi Berazam.

“Adapun muatan pekerjaan tersebut mencakup, pembangunan kios 18 unit dilengkapi meteran listrik, 1 unit kantor pengelola dilengkapi meteran listrik dan AC, 1 unit Mushollah, fasilitas tempat wudhu, toilet, mesin air, dan tangki penampungan air 2 buah. Kemudian tiang dan lampu solarshell 5 unit, alat pemadam kebakaran 5 kg 4 buah, bak sampah fiber sorong 10 buah dan pot bunga, serta tanaman 10 buah,” katanya.

Lanjut Yosli, ada beberapa pertimbangan dilakukan revitalisasi dan relokasi pedagang pasar Teluk Uma, diantaranya sudah tidak layak dan sangat kumuh, sehingga tidak memiliki sisi estetika sama sekali. Selain itu tidak memungkinkan untuk berfungsi sebagai tempat menjual dan membeli barang kebutuhan konsumen. (SK-FIK/C)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner