55 Regu Gagal Ikuti “GERAK JALAN 45 KM”

oleh
Salah satu regu peserta gerak jalan 45 KM. (Foto : Untung/Munsyi Bagus Utama)
– Ini Penyebabnya.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Dari 316 regu gerak jalan 45 KM yang mendaftar ke panitia, yang siap mengikuti lombaa tercatat 261 regu yang start dari Dompak, Tanjungpinang, Sabtu, (26/08/2017), Pukul 21.00 WIB.

Ketua Panitia Pelaksana Lomba Gerak Jalan HUT RI ke 72, Zamanes, mengatakan, 55 regu yang tidak ikut start, mungkin dikarenakan kekurangan persiapan, baik pakaian, maupun konsumsi dan akomodasi.

Zamanes menjelaskan, start dimulai pukul 21:00 dengan nomor urut 1001 hingga finish di Anjung Cahaya tepi laut, dan berdasarkan catatan nomor urut terakhir adalah nomor urut 4051, sekitar tepat pukul 07:44 WIB.

“Namun jumlah yang sampai ke finish hanya 187 peserta. Ini mungkin regu yang tidak sampai karena kelelahan, ataupun ada hal-hal lain,” katanya, Minggu, (27/08/2017),

Selain itu lanjut Zamanes, panitia juga akan membubarkan jika ada peserta yang tidak mengikuti aturan, seperti menggunalan seragam yang tidak sesuai dengan budaya bangsa, termasuk jika ada yang menggunakan seragam pocong, baju di coret-coret, karena tidak mendidik.

Menurut Zamanes, berdasarkan aturan panitia, untuk 17 KM dan 45 KM, adalah untuk laki-laki, boleh ada wanitanya, tapi sebagai Komandan regu, dan 8 KM untuk wanita, boleh ada laki-laki, tapi sabagai komandan regu juga.

“Selain dari itu, bila ada regu wanita di 17 dan 45 KM atau ada regu laki-laki di 8 KM, atau campur-campur, selagi pakaian mereka tidak melanggar aturan, memang tidak dibubarkan, karena menghargai patriotisme mereka meramaikan kegiatan, namun tidak di nilai,” imbuhnya.

Untuk pengumuman juara, tambah Zamanes, belum bisa ditentukan harinya.

“Nanti kalau sudah klar semuanya, akan kita sampaikan juga,” tutupnya. (SK-MU)