, ,

60 Peserta Ikuti Donor Darah Polres Natuna

oleh
60 Peserta Ikuti Donor Darah Polres Natuna 1
Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, saat melakukan donor darah di Mapolres Natuna. (Foto : Bernard Simatupang)
banner 1102x276

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

60 Peserta Ikuti Donor Darah Polres Natuna
-HUT Bhayangkara Ke 73.

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Dalam rangka Hari Bhayangkara ke 73 tahun 2019, Polres Natuna gelar Bakti Kesehatan berupa donor darah, bertempat di Mapolres Natuna, Jalan H Adam Malik, Air Mulung, Kelurahan Bandarsyah, Kecamatan Bunguran Timur, Sabtu, (22/6/2019).

Kegiatan donor darah ini diikuti sebanyak 60 orang pendonor yang terdiri dari unsur TNI – Polri, Basarnas, Satpol PP, Dinas Pemadam Kebakaran, dan RSUD Natuna.

Adapun tenaga medis yang diturunkan yaitu, Dr Idhar, Dr Mona, masing-masing dari RSUD Natuna, dan Kepala Unit Transpusi Darah RSUD Natuna, Novi.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K, mengatakan, bahwa kegiatan donor darah ini gunanya untuk mencukupi persediaan stok darah yang ada di RSUD Kabupaten Natuna.

“Adapun tujuan utamanya yaitu untuk menjalankan program Promotor Kapolri. Bahwa Polri selalu melayani masyarakat dengan tujuan Polri bisa berbuat dan selalu dekat dengan masyarakat, serta dicintai masyarakat,” tuturnya, kepada awak media.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Unit Transpusi Darah RSUD Natuna, Novi, mengatakan, dalam pelaksanaanya para pendonor harus diperiksa dulu tensi darah Hema Globin (HB)-nya, untuk memastikan tidak terindikasi penyakit Hepatitis, alkoholik, dan narkoba.

Novi juga menambahkan, bagi pendonor harus memenuhi kesehatan jasmani dan rohani, bagi wanita yang sedang hamil dan sedang mensturasi tidak diperbolehkan donor darah.

“Setelah diskrining dan hasilnya bagus, baru diambil darahnya sebanyak 350 cc sesuai dengan kantong darah yang tersedia,” terang Novi.

“Darah yang sudah diambil akan diuji lebih sering di Unit Transpisi Darah untuk memastikan darah tetap steril dan tidak terjangkit dari berbagai penyakit seperti AIDS, HBSAG, TPHA, HCV, Malaria, dan penyakit lainnya yang dapat membahayakan,” pungkasnya. (nard)

banner 4921x615

banner 1280x160

banner 740x400

banner 1280x157

banner

banner 1050x130 banner 2560x472

banner 740x400

banner

loading...