Ada 10 Isu Strategis Yang Harus Diselesaikan Menpan RB Yang Baru, Mulai dari Tenaga Honorer Hingga Pemindahan ASN ke IKN

oleh
MenPAN RB, Abdullah Azwar Anas dan Sekretaris Kemenpan RB, Rini Widyantini. (Foto : Rum)

Jakarta, Sijori Kepri — Ada 10 isu sangat strategis yang harus diselesaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) dan jajaran Kementerian PAN RB

10 isu yang sangat strategis itu disampaikan oleh Sekretaris Kemenpan RB, Rini Widyantini, saat rapat bersama MenPAN RB yang baru, Abdullah Azwar Anas, kemarin.

Isu yang pertaman kata Rini, adalah isu pelaksanaan reformasi birokrasi. Kedua, penyederhanaan birokrasi. Isu ketiga, flexible working arrangement (FWA). 

Rini mengatakan, selama pandemi Covid-19 telah dilakukan flexible working arrangement, yang mana isunya bukan hanya sekadar work from home dan work from office, tetapi bagaimana memberikan work-life balance bagi ASN. 

BACA JUGA :  Tim Yanlik Kemenpan RB Tinjau Pelayanan Publik Polresta Barelang

“Jadi bukan sekadar kerja di rumah kerja dan di kantor, tetapi di sini ada isu terkait digitalisasi,” kata Rini.

Selanjutnya isu yang keempat terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Saat ini, Kementerian PANRB telah memiliki arsitektur SPBE dan tengah mendorong digital government. 

Kelima, berkaitan dengan peningkatan pelayanan publik termasuk di dalamnya inovasi, digitalisasi pelayanan publik, dan pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP).

Kemudian, isu keenam formasi Papua dan Papua Barat yang ada di Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Aparatur. 

Isu ketujuh, peta penanganan tenaga honorer (THK-I dan THK-II). Selanjutnya, mengenai kesejahteraan ASN. Kesembilan, yakni penghapusan jenis kepegawaian selain PNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kinerja (PPPK) yaitu tindak lanjut Peraturan Pemerintah No. 49/2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. 

BACA JUGA :  Yang Mau Melamar Jadi CPNS atau CASN Wajib Baca Ini Sebelum Daftar

“Terakhir, isu strategis Kementerian PANRB, yaitu rencana pemindahan ASN ke Ibu Kota Negara (IKN),” pungkas Rini.

Terkait 10 isu yang disampaikan itu, MenPAN Anas menegaskan, bahwa prioritas penting harus segera diselesaikan. Sinergi dan kolaborasi internal maupun eksternal perlu diperkuat. (fik/HUMAS MENPANRB)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.