Agung Triyanto Jadi Saksi 4 Tersangka

oleh
– Jaksa Terima Pengembalian Berkas Kasus Solar

TANJUNGPINANG (SK) — Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang menerima pengembalian limpahan (P19) berkas berita acara pemeriksaan (BAP) terhadap 4 tersangka dugaan kasus penimbunan solar bersubsidi, tangkapan Unit Intel Kodim 0315/ Bintan beberapa waktu lalu. Dalam BAP tersebut, nama Agung Triyanto alias AG, anggota DPRD Kota Tanjungpinang, ikut masuk sebagai saksi.

“Kita sudah terima pengembalian BAP dari 4 tersangka dugaan kasus solar yang ditangani pihak Polres Tanjungpinang selama ini. Dalam berkas tersebut, sudah ada nama Agung Triyanto sebagai saksi. Hal itu sesuai salah satu petunjuk yang kita berikan kepada penyidik polisi sebelumnya,” kata Kepala Seksi Tindak Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejari Tanjungpinang, Ristianti Andriani SH, Senin (20/10).

Dikatakan, masuknya nama Agung Triyanto dalam perkara tersebut, sesui BAP yang dari 4 tersangka yang ikut menyebutkan nama yang bersangkutan. Namun dalam BAP tim penyidik Polres Tanjungpinang sebelumnya, ia tidak dijadikan sebagai saksi.

“Makanya, salah satu petunjuk yang kita berikan kepada penyidik polisi saat itu, agar segera memanggil dan memeriksa yang bersangkutan. Hal ini untuk mengsingkronkan kebenaran dari keterangan para tersangka tersebut dengan Agung Triyanto. Untuk pembuktianya, nanti akan terbuka dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang,” ungkap Ristianti.

BACA JUGA  Agung Trianto Diperiksa Minggu Depan

Lebih lanjut, Ristianti menyebutkan, pihaknya masih meneliti pengembalian pelimpahan berkas ke 4 tersaangka dari penyidik Polres Tanjungpinang tersebut. Hal itu untuk mengetahui sejauhmana kelengkapan berkas perkara ini, agar bisa secepatnya dilimpahkan ke PN Tanjungpinang untuk disidangkan.

“Berkas dari parat tersangka dugaan kasus solar tersebut masih kita teliti, apakah sudah lengkap atau belum. Jika memang sudah lengkap, maka secapatnya kita limpahkan ke PN Tanjungpinang,” ucapnya.

Ristianti juga menyebutkan, dalam BAP ke 4 tersangka tersebut, tidak terdapat perubahan yang mendasar, melainkan terjadi penambahan keterangan sesuai petunjuk dan ketentuan hukum berlaku. Pernyataan ini sekaligus menempis adanya pernyataan kuasa hukum Agung Trianto, yakni M Mahdi yang menyebutkan, bahwa BAP tersangka sudah dilakukan perubahan.

“Tidak ada perubahan dalam BAP ke 4 tersangka, melainkan harus dilakukan penambahan untuk melengkapi keterangan sebelumnya,” kata Ristianti.

Sebagaimana diketahui, sejauh ini Polres Tanjungpinang baru bisa menetapkan 4 tersangka atas dugaan kasus penimbunan solar subsidi yang diperuntukan bagi masyarakat nelayan tersebut.

Ke 4 tersangka, sesuai dua surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) kepada Kejari Tanjungpinang bidang Tindak Pidana Umum (Pidum), didapati masing-masing Spdp/41/VIII/2014/reskrim atas nama Jupen Sius Purba selaku nakhoda atau Kapten Kapal Tug Boat KM Lautan Kakap dan kawan-kawan.

BACA JUGA  Surat Izin Pemeriksaan AG Diduga Mengendap di Polda Kepri

Kemudian SPDP nomor spdp/42/VIII/2014/Reskrim tanggal 29 Agustus 2014 atas nama Syahgunandarals Tole, selaku koordinator lapangan dan pelaksanan lapangan yang mengusai mobil tanki solar berkapasitas 5.000 liter dan kawan-kawan.

Dalam perkara tersebut, Agung Trianto sendiri sudah memenuhi panggilan penyidik Satreskrim Polres Tanjungpinang untuk diperiksa sebagai saksi. (HK/SK-001)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.