Ajang AMH 2022, Kerja Nyata Untuk Kepri Terang Bawa Provinsi Kepri Juara 2 Nasional

oleh
Kadis Kominfo Provinsi Kepri, Hasan, menerima penghargaan Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2022 dari Kementerian Kominfo RI. (Foto : Ist)

YOGYAKARTA — Ajang Anugerah Media Humas (AMH) Tahun 2022, Provinsi Kepulauan Riau menerima penghargaan terbaik ke 2 Nasional untuk video ‘Kerja Nyata Untuk Kepri Terang’ yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kementerian Kominfo RI). Sedangkan untuk Juara 1 berhasil diraih Pemprov DKI Jakarta dan Juara 3 Pemprov Jawa Barat. 

Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kepri, Hasan, mewakili Gubernur Kepulauan, Ansar Ahmad, yang disaksikan langsung oleh Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate, di Marriot Hotel, Yogyakarta, Kamis, 24 November 2022. 

Menteri Kominfo RI, Johnny G Plate, dalam sambutannya, mengatakan, bahwa informasi yang akurat merupakan kunci dalam mengatasi sebuah krisis. Dimana saat ini 46 persen masyarakat Indonesia percaya dengan berita yang dia baca. Sedangkan tercatat sebanyak 10.961 berita hoax selama 2022 ini. 

BACA JUGA :  Penuhi Permintaan Gubernur Kepri, Menteri Kominfo Akan Bangun 28 BTS 4G di Lingga

Oleh sebab itu, Menteri Johnny berharap, peran Govermen Public Relation (GPR) dalam mnyajikan informasi yang akurat dan faktual menjadi krusial untuk dilakukan secara kontiniu. 

“Peran utama GPR adalah sebagai jembatan utama komunikasi pemerintah kepada masyarakat. Maka dari itu GPR harus kuat, tahan dan canggih. Selain 

sebagai jembatan komunikasi, juga sebagai penampung aspirasi publik dan membantuk image pemerintah,” kata Johnny.

Ditengah cepatnya laju informasi, lanjut Johnny, peran Humas Pemerintah adalah bagaimana konsisten menyajikan informasi yang benar dan meluruskan informasi yang tersebar di masyarakat. 

“Humas harus mampu mengedukasi dan mengarahkan masyarakat terhadap sumber informasi yang akurat dan kredibel. Kebijakan dan kegiatan pemerintah agar sampai secara efektif dan efesien kepada masyarakat,” ujarnya. 

Dalam bertugas, humanisme seorang GPR penting untuk dikedepankan. Karena kehumasan menjadi tulang punggung pemerintah didalam setiap proses komunikasi, klarifikasi, serta edukasi terkait dengan segala informasi.

BACA JUGA :  Hasan : SP4N-LAPOR!, Salah Satu Atensi Utama Gubernur Ansar Sejak Awal Kepemimpinan

“Kedepannya tanggungjawab kehumasan akan makin beragam dan tak terprediksikan. Saat ini seperti desrupsi komunikasi digital, kasus Covid-19, hingga konflik geo politik. Apapun harus bisa diantisipasi oleh humas,” pesan Menteri Johnny. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kepri Hasan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim Kominfo Kepri, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung atas anugerah yang baru dicapai tersebut. 

“Terima kasih kepada Kementerian Kominfo RI yang telah menyelenggarakan kegiatan Anugerah Media Humas (AMH) 2022 ini. Kegiatan seperti ini jelas merupakan sebuah motivasi bagi kami untuk terus memperbaiki diri dengan cara berkompetisi secara positif. Selain itu, terima kasih juga kepada seluruh tim di Dinas Kominfo Kepri, tanpa terkecuali. Dan yang terpenting terima kasih kepada Bapak Gubernur, Wakil Gubernur dan Sekretasis Daerah atas bimbingannya,” ucap Hasan. (Red)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.