,

Anambas Gelar “MOON CAKE FESTIVAL”

oleh
Moon Cake Festival, turut dihadiri turis mancanegara. (Foto : Ist)

Anambas Gelar “MOON CAKE FESTIVAL”
– Besok Malam Puncaknya.
– Hadirkan Artis Mandarin.

SIJORIKEPRI.COM, ANAMBAS — Untuk pertama kalinya, Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menggelar Moon Cake Festival, Sabtu, (22/9/2018). Kegiatan termasuk perayaan terbesar setelah Imlek ini, berlangsung meriah.

“Jadi, sebenarnya puncaknya bulan purnama adalah tanggal 24 September mendatang,” ujar Ketua Penyelenggara Moon Cake Festival, Yoel, Sabtu, (22/9/2018).

Kegiatan ini dipusatkan di jalan Imam Bonjol, Lapangan Sepak Bola Sulaiman Abdullah, di Kelurahan Tarempa, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, yang diselenggarakan mulai 22 September 2018.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulaun Anambas, Wan Suhendra, menyampaikan kata sambutan. (Foto : Ist)

Biasanya, umat Tionghoa berkumpul bersama dengan keluarga dan kerabat menikmati bulan purnama yang jatuh pada tanggal 24 September 2018 mendatang, kalau dihitung dengan penanggalan Cina/Masehi, tanggal 15 Bulan 8 Masehi, pas masuk pada Bulan Purnama.

Namun, guna menjalani silaturrahmi dengan semua masyarakat KKA, penyelenggara pun membuka untuk umum perayaan tersebut, yang bisa dinikmati oleh seluruh kalangan.

Wakil Bupati Kabupaten Anambas, Wan Suhendra, yang hadir pada acara tersebut, dalam sambutannya mengatakan, Festival Moon Cake atau kue bulan, merupakan salah satu upaya meningkatkan minat para generasi masyarakat Tionghoa pada seni dan budayanya, sehingga dapat dijadikan seni budaya di KKA, khususnya budaya etnis Tonghoa Anambas.

Sejumlah kegiatan pun diselenggarakan di festival tersebut, mulai dari bazar makanan vegetarian, parade tujuh dewi, kue bulan, beberapa perlombaan modeling, ada juga artis mandarin, permainan musik guzeng, yang dikolaborasikan dengan musik melayu.

“Ini sudah masuk agenda Pemkab Anambas, yaitu Dinas Pariwisata tiap tahunnya, dan memang kita selenggarakan untuk seluruh kalangan,” pungkasnya. (rd)

 

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]