, ,

Arif : Penilaian Kompetensi ASN “HARUS TERUS DITINGKATKAN”

oleh
Arif : Penilaian Kompetensi ASN "HARUS TERUS DITINGKATKAN" 1
Acara Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, di Aula Balairung Wan Sri Beni Dompak, Tanjungpinang. (Foto : Humpro Kepri)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Berbagai strategi pengembangan kompetensi PNS sudah mulai diterapkan di berbagai organisasi pemerintah. Salah satu strategi tersebut adalah dengan menerapkan manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis kompetensi (Competency-Based Human Resources Management), yang mensyaratkan adanya ketersediaan informasi yang jelas tentang kebutuhan dan pengembangan kompetensi di organisasi pemerintah.

Hal itu disampaikan Sekdaprov Kepri, H.TS Fadillah, saat membuka secara resmi acara Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, di Aula Balairung Wan Sri Beni Dompak, Tanjungpinang, Rabu, (27/09/2017).

“Untuk itu, profesionalisme dan kompetensi PNS harus terus ditingkatkan, agar efektifitas pelaksanaan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan semakin baik dan meningkat,” ujar Arif.

Menghadapi tantangan globalisasi yang diwarnai dengan tingkat persaingan yang ketat, tutur Arif, maka Pemda dituntut untuk dapat menyiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang memiliki keunggulan kompetitif agar mampu mengatasi segala perubahan yang mungkin terjadi.

Sumber Daya Manusia yang unggul tersebut, kata Arif, tentunya memilki penguasaan pengetahuan, gagasan mutakhir yang terbaik dan mampu bekerja dengan standar tinggi diberbagai pekerjaan dan tempat.

“Semua ini, hanya dapat dicapai melalui sistem manajemen Sumber Daya Manusia yang berkualitas,” ujar Arif.

Melalui proses penilaian kompetensi ini, Arif berharap, bahwa kedepannya pengelolaan Sumber Daya Manusia aparatur di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepuluan Riau semakin baik. Sehingga, aparatur yang dimiliki adalah aparatur yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan. Dengan kompetnsi dan profesionalisme yang mereka miliki, tentunya aparatur di Kepri akan mampu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

“Pemerintah Provinsi Kepri berharap, agar semua peserta assessi bersungguh-sungguh agar apa yang diharapkan dari pencapaian hasil assessment nantinya dapat menempatkan para pegawai di tempat yang tepat sesuai dengan kualifikasi, kompetensi dan kinerja pegawai yang bersangkutan,” ujar Arif mengakhiri sambutan.

Pada kesempatan yang sama, kepala BKPSDM Provinsi Kepri, Firdaus, dalam laporannya mengatakan, bahwa pelaksanaan acara Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, diikuti oleh 126 orang pejabat struktural dan fungsional di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau. Kegiatan ini akan berlangsung dari tanggal 27 hingga 29 September 2017.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, nantinya diharapkan akan menghasilkan output antara lain, tersusunnya profil kompetensi para pejabat administrator, pengawas, jabatan fungsional dan pelaksanaan pemerintah Provinsi Kepri. Dapat mengidentifikasi pejabat administrator, pengawas, jabatan fungsional dan pelaksana yang memiliki kompetensi, dan dapat mengidentifikasi kebutuhan pengembangan kompetensi.

“Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan bermanfaat bukan hanya untuk aparatur secara pribadi, namun juga untuk Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau,” unggah. (SK-DY/Hamzah)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner