Asal Usul Marga Kho (Marga Xu)

oleh
Ilustrasi Marga Kho. (Foto : Sijori Kepri)

SIJORI KEPRI — Marga Kho atau dalam bahasa Mandarin disebut dengan Marga Xu (许), merupakan Marga Tionghoa yang menempati urutan nomor 20 di dalam buku “Bai Jia Xing [百家姓]” atau “Ratusan Marga Tionghoa” dan juga merupakan Marga terbesar yang ke-26 di daratan China (Tahun 2008). Di Taiwan, Marga Kho merupakan salah satu Marga Tionghoa terbesar dengan menduduki urutan yang ke 10 (Tahun 2008).

Sebutan Marga Kho berasal dari dialek bahasa Tionghoa Hokkian dan Teochew, sedangkan dialek Kantonis menyebutkannya Marga Hui. Di negara Vietnam Marga Kho disebut dengan Hứa dan Heo adalah sebutan Marga Kho di Korea.

Asal usul Marga Kho (Xu) dapat ditelusuri hingga 3000 tahun yang lalu yaitu sekitar abab ke-11 Sebelum Masehi saat Kaisar Zhou Wu Wang [周武王] mengalahkan Kaisar Shang Zhou Wang [商纣王] yang kejam.

Dengan demikian, Kaisar Zhou Wu Wang berhasil menguasai penuh wilayah Zhong Yuan [中原] (sebutan China pada zaman dulu) dan membentuk Dinasti Zhou [周朝]. Kaisar Zhou Wu Wang kemudian membagikan sebagian wilayah Dinasti Zhou menjadi negara-negara bagian adipati kepada orang-orang yang berjasa kepadanya.

Diantaranya adalah Keturunan Si Yue Bo Yi [四岳伯夷] yang bernama Jiang Wen Shu [姜文叔] mendapatkan Wilayah Xu (sekarang di Propinsi Henan Kota Xu Chang [河南许昌]) sebagai negara bagian dari Dinasti Zhou. Karena Jiang Wen Shu adalah kepala negara Xu, maka Jiang Wen Shu kemudian dipanggil dengan sebutan Xu Wen Shu (许文叔).

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]