ASN Natuna Antusias Ikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila

oleh
Para ASN Natuna mengikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

[responsivevoice_button voice=”Indonesian Male” buttontext=”Malas Baca, Tekan Ini”]

, H Abdul , membacakan amanat Plt Kepala BPIP RI, Hariyono. (Foto : Bernard Simatupang)

Antusias Ikuti Upacara Hari Lahirnya Pancasila

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — , Drs H Abdul M.Si, memimpin Peringatan Hari Lahir Pancasila, bertempat di Halaman Kantor , Jalan Batu Sisir Bukit Arai – Ranai, Sabtu, (01/6/2019) pagi.

Meskipun dilaksanakan pada hari Sabtu dan bertepatan dengan semakin dekatnya cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 H, namun antusias Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Natuna mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila ini cukup tinggi.

Bupati , dalam sambutannya, membacakan amanat Plt Kepala BPIP RI, Hariyono, mengatakan, Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni bukanlah sesuatu yang terpisah dari momentum perumusan piagam Jakarta oleh panitia kecil tanggal 22 Juni dan pengesahan Pancasila dalam UUD 1945 oleh Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada 18 Agustus 1945, ketiga peristiwa tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Dengan demikian, perdebatan tentang kelahiran Pancasila tidak lagi terjadi.

Dikatakannya, peringatan setiap tanggal 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu, dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk diamalkan sebagai warisan mulia para founding fathers.

Beragam budaya, suku, dan agama, dengan Pancasila kita dapat bersatu dan menyatu sebagai suatu bangsa yang menghormati para pejuang dan pendiri bangsa.

Pancasila sebagai “Leitstars Dinamis” bintang penuntun, mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan.

“Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik,” ujarnya.

Melalui peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni 2019, lanjut Hamid Rizal, Pancasila perlu dijadikan sebagi sumber Inspirasi, “Politik Harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia.

“Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarkat, yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan, Kita Indonesia, Kita Pancasila,” tegasnya.

“Untuk itu, mari kita mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara simultan dan terus menerus,” ajak Hamid mengakhiri sambutannya. (nard)

, H Abdul Hamid Rizal, memasuki lapangan upacara. (Foto : Bernard Simatupang)

Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
Play
previous arrow
next arrow
previous arrownext arrow
Slider
banner 1050x130