HEADLINELINGGA

Atap Replika Istana Damnah Mulai Rusak, Hanafi: Butuh Bantuan Pemerintah

×

Atap Replika Istana Damnah Mulai Rusak, Hanafi: Butuh Bantuan Pemerintah

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Provinsi Kepri, Hanafi Ekra. (Foto : Ist)
Replika Istana Damnah, Kabupaten Lingga. (Foto : Ist)
Objek Wisata Istana Damnah, Kabupaten Lingga. (Foto : Ist)

LINGGA — Atap Replika Istana Damnah di Kabupaten Lingga, saat ini sudah mulai rusak dan butuh bantuan dari pemerintah.

Hal ini diungkapkan Hanafi Ekra yang merupakan anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kepri saat mengunjungi Istana Damnah di Lingga tersebut, dengan didampingi oleh Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga dan Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Rabu, Kamis, 6 Juli 2023.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Anggota DPRD Kepri Dapil Bintan Lingga ini juga mengatakan, peranan Pemerintah Daerah diperlukan dalam melakukan perawatan, serta pengembangan situs bangunan yang ada, sebab diperlukan aggaran dalam upaya melakukan penataan Kawasan, agar dapat menjadi pilihan objek wisata pada saat wisatawan berkunjung ke Kepulauan Riau.

Lanjutnya, replika istana yang di bangun tahun 1993 ini sudah banyak dilakukan perbaikan, baik dari pemerintah Kabupaten Lingga, Pemerintah Provinsi Kepri.

Menurut Hanafi, dirinya juga pernah memberikan bantuan melalui dana alokasi dewan untuk perbaikan atap.

“Namun saat ini atap bangunan replika tersebut sudah mulai rusak dan butuh bantuan dari pemerintah,” kata politisi PKS tersebut.

Diketahui, Istana Damnah yang merupakan situs jejak peninggalan sejarah Kerajaan Riau Lingga terdapat di Kampung Damnah Daik, Kecamatan Lingga, yang dibangun oleh Sultan Sulaiman Badrul Alamsyah II (1857-1883) pada masa kejayaan Kerajaan Melayu Riau Lingga.

Bangunan asli saat ini sudah roboh, hanya menyisakan puing-puing atau struktur yang masih tertinggal, akan tetapi terdapat reflika yang terlihat tidak jauh dari lokasi aslinya.

“Dalam hal ini, pemandu wisata diperlukan dalam memberikan informasi terhadap wisatawan yang berkunjung pada lokasi tersebut, sehingga dapat memberikan kesan yang lebih professional,” tutupnya. ***

(Red)

Follow