Baltekkomdik Kepri Gelar Pelatihan TIK

oleh

– Untuk Pengawas Sekolah Se-Provinsi Kepri.

BATAM (SK) — Balai Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Baltekkomdik) Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menyelenggarakan kegiatan Pelatihan TIK Untuk Pengawas Sekolah Se-Provinsi Kepri. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi yang ditandai dengan pengalungan tanda peserta oleh Kepala Baltekkomdik Kepri Tamsir S.Si.,M.Si, bertempat di Hotel Golden View – Kota Batam, Minggu (23/11/2014).

Dalam sambutannya Kepala Baltekkomdik Kepri Tamsir S.Si.,M.Si mengatakan, diabad teknologi ini perkembangan TIK yang begitu pesat menciptakan tantangan-tantangan baru dalam proses pembelajaran. Permasalah yang makin komplek menuntut kesiapan dunia pendidikan untuk mengantisipasinya. Informasi dan pengetahuan yang kian beragam dan makin mudah penyebarannya menuntut guru dan siswa untuk dapat mempergunakan sebaik-baiknya.

“Informasi dan pengetahuan ada yang bernilai positif ada juga yang negative, oleh karena itu filter dari guru sangat diperlukan,” kata Tamsir.

Menurut dia, adanya informasi dan pengetahuan yang beragam sangat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan mudah.

BACA JUGA  Disdik Kepri Gelar Pelatihan Sensori Integritas

“Adanya informasi yang lebih cepat, tepat dan mudah akan meningkatkan efesiensi dan efektivitas kerja, terutama guru. Perubahan teknologi yang cepat harus disertai dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia” ujar Tamsir.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan Sugito S.Pd.,M.S.Si mengatakan, kegiatan pelatihan ini diselenggarakan dengan tujuan agar supaya peserta dapat memahami kebijakan TIK untuk pembelajaran dan mengetahui tingkat kesiapan sekolah dalam pemanfaatan TIK.

“Selain itu, agar peserta memahami potensi rumah belajar, mengaktualisasikan pemanfaatan email guruku.my.id dalam peningkatan kualitas pembelajaran, memahami survey pemanfaatan E-Pembelajaran, mengetahui fitur rumah belajar dan memahami tindak lanjut pengawas pemanfaatan TIK di sekolah,” ujar Sugito.

Dikatakan, kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 120 peserta, terdiri dari Pengawas Sekolah dari Kota Batam sebanyak 35 peserta, Tanjungpinang 17 peserta, Kabupaten Bintan 17 peserta, Kabupaten Karimun 21 peserta, Kabupaten Lingga 10 peserta, Kabupaten Natuna 14 peserta dan Kabupaten Anambas 6 peserta.

“Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan ini, diharapkan kepada peserta dapat mengoptimalisasikan pemanfaatan TIK pada sekolah di masing-masing kabupaten/Kota,” harapnya.

BACA JUGA  Aisyah Sani Beri Apresiasi Bunda PAUD Kabupaten/Kota

Kegiatan Pelatihan TIK Untuk Pengawas Sekolah Se-Provinsi Kepri, dilaksanakan mulai tanggal 23-28 November 2014, menghadirkan nara sumber berasal dari Pustekkom Kemendikbud dan Kepala Baltekkomdik Kepri. (SK-001)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.