, , , , , , , ,

Banyak Warga Miskin Tidak Kebagian Sembako Gratis

oleh
Banyak Warga Miskin Tidak Kebagian Sembako Gratis 1
Plh. Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma S.IP, menyerahkan sembako kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. (Foto : Prokopim TPI)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Sijori Kepri, Tanjungpinang — Janda beranak dua berinisial Rn ini, nyaris kelaparan. Pasca merebak Virus Corona (COVID-19), wanita berdomisili di batu 8 atas ini mengaku tidak mulung lagi. Hampir sebulan ia berdiam diri di rumah.

”Hari ini, kami belum makan nasi. Beras habis. Mau beli, uang tidak ada. Mau berharap bantuan paket sembako gratis Pemko Tanjungpinang, kami tidak masuk dalam data. Mau apa lagi. Pasrah saja,” ujar Rn, Jumat, (24/4/2020) siang.

Ditanya mengapa ia tidak masuk dalam data penerima bantuan Pemko Tanjungpinang, wanita ini mengaku pernah ia bertanya pada Pak RT setempat.

”Pak RT bilang, yang dapat bantuan jika alamat KTP dan KK sama dengan tempat tinggalnya. Gimana saya masuk data, karena alamat KTP beda dengan tempat tinggal saat ini. Kita percaya, jika Pemko tak beri bantuan, Allah pasti tunjukkan jalan lain,” kata Rn, lirih.

Selain Rn, masih banyak warga miskin Tanjungpinang lainnya yang dinilai paling layak menerima paket sembako gratis Pemko. Ia berasal dari beberapa pedagang makanan, kuli bangunan dan pengojek.

Seperti dialami Dwi Sunadi, pedagang makanan. Pria ini mengaku heran mengapa dirinya tidak masuk sebagai penerima sembako gratis Pemko Tanjungpinang. Padahal, jika dibandingkan penerima lainnya, ekonominya jauh di bawah mereka.

”Katanya bantuan akan diprioritaskan untuk warga miskin. Tapi, banyak warga miskin tidak terima. Malah warga ekonomi sedang, banyak menerima. Padahal, kita telah masuk dalam data calon penerima,” kata pria yang mengaku telah menutup usahanya sebulan yang lalu.

Jika kondisi ini berlarut-larut, Dwi memastikan akan banyak warga miskin yang kelaparan. ”Tetangga saya tidak ada yang dapat bantuan paket sembako Pemko. Padahal, ekonomi kami orang miskin,” katanya.

Harapannya, Walikota Tanjungpinang, Wakil Walikota Sekdako, DPRD Tanjungpinang, jangan anggap enteng hal ini. Jika ada temuan warga Tanjungpinang mati kelaparan, yang malu bukan warganya, melainkan Pemdanya.

Sementara itu, Plh. Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma S.IP, pada hari pertama penyerahan sembako mengatakan, bahwa sembako ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Tanjungpinang kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 ini.

“Mungkin bantuan ini belum seberapa, namun ini sebagai upaya pemerintah agar masyarakat dapat terbantu dengan kondisi sulit seperti ini akibat Covid-19. Semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan kita sama-sama berdoa agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir sehingga kita dapat menjalankan ibadah puasa dan aktivitas lainnya kembali seperti sediakala,” ungkap Rahma.

Kepala Dinas Sosial Pemko Tanjungpinang, Amrialis, mengatakan, jumlah pengajuan dari masyarakat banyak. Karena memang hampir seluruh masyarakat terkena dampak situasi COVID-19 ini sangat banyak.

Paket sembako yang dibagikan adalah beras 5 kg, mie instan 1 dus, gula 2 kg, minyak goreng 2 kg, susu kental manis 1 kaleng, ikan kemasan kaleng instan 2 kaleng dan teh celup 2 kotak.

”Kita harap ini dapat meringankan beban masyarakat kita yang terkena imbas dari Covid ini,” katanya.

Bantuan dibagikan dua tahap, April dan Mei. Tahap pertama, Kecamatan Bukit Bestari 6.071 paket meliputi Kelurahan Dompak 882 paket, Kelurahan Tanjungpinang Timur 1.135 paket, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti 593 paket, Kelurahan Sungai Jang 1.235 paket dan Kelurahan Tanjung Unggat 2.226 paket.
Kecamatan Tanjungpinang Timur 7.463 paket terdiri dari untuk Kelurahan Batu Sembilan 1.742 paket, Kelurahan Melayu Kota Piring 1.848 paket, Kelurahan Air Raja 921 paket, Kelurahan Pinang Kencana 2.348 paket dan Kelurahan Kampung Bulang 604 paket.

Kecamatan Tanjungpinang Kota 1.624 paket, dan didistribusikan ke Kelurahan Tanjungpinang Kota 308 paket, Kelurahan Penyengat 259 paket, Kelurahan Kampung Bugis 459 paket dan Kelurahan Senggarang 598 paket.

Kemudian, untuk Kecamatan Tanjungpinang Barat 3.800, meliputi Kelurahan Tanjungpinang Barat 1.858 paket, Kelurahan Kemboja 844 paket, Kelurahan Kampung Baru 536 paket, dan Kelurahan Bukit Cermin 562 paket. (R Rich)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner