Bappeda Lingga Gesa Penyusunan RPJMD

oleh

LINGGA (SK) — Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lingga, mulai menggesa tahapan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Lingga 2016-2021, arah penyusunannya disingkron dengan seluruh visi misi pembanguan yang diusung Pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kabupaten Lingga, H Alias Wello S.IP – Muhammad Nizar S.Sos.

Kepala Bappeda Lingga, H M Ishak, mengatakan, Pemkab Lingga akan menggesa penyelesaian RPJMD tersebut, paling lambat enam bulan setelah Bupati terpilih dilantik, untuk itu, semua SKPD harus mendukung kegiatan penyusunan tersebut.

“Visi misi Bupati terpilih akan terangkum dalam RPJMD ini, kita menggesa paling lambat 6 bulan setelah Bupati dilantik, RPJM tersebut telah di Perda kan,” ujarnya, usai kajian teknokratik RPJMD Kabupaten Lingga 2016 – 2021, di aula kantor Bupati Lingga, Kamis (4/2/2016).

BACA JUGA :  AWe Paparkan Potensi Lingga Ke Para Investor

Selain sebagai acuan, kata Ishak, pembanguan yang diinginkan Bupati terpilih selama lima Tahun kedepan, RPJMD juga sebagai evaluasi terhadap keberhasilan pembanguan Bupati terpilih selama menjabat lima Tahun kedepan.

“Penyusunannya mengacu pada visi misi pembanguan Bupati terpilih Kabupaten Lingga, selama lima Tahun kedepan, serta sebagai evaluasi pencapaian pembangunannya,” ungkapnya.

Terlepas dari hal tersebut, lanjut ishak, kemampuan anggaran Daerah juga sangat menentukan keberhasilan pembanguan Bupati terpilih kedepan, untuk itu, Pemerintah Daerah kedepan, harus lebih gesit dalam mengejar dana-dana pembangunan dari alokasi APBN dan sektor swasta, sehingga tidak hanya mengandalkan dari APBD saja.

“Ada tiga sumber anggaran pembangunan yakni, APBD, APBN, dan Swasta (Investasi), dan Bupati optimis, kedepannya tidak hanya mengandalkan APBD saja, namun, juga dari sumber lainnya, kalau dari APBD kita yang kecil, akan sulit mencapai pembangunan kedepan,” paparnya.

BACA JUGA :  Rp137 Miliyar Usulan Pemkab Lingga Pada APBD Kepri 2016

Dia berharap, Pemerintah kedepan lebih komitmen dan konsisten dalam menjalankan pembangunan sesuai dengan RPJMD yang ada, karena jika tidak komit, maka akan sulit menyelaraskan visi misi tersebut.

“Yang penting konsisten, maka optimis kita akan mencapai pembanguan sesuai visi misi itu,” imbuhnya. (SK-Pus)

M. Ishak, Kepala Bappeda Lingga (Foto: Puspandito)
M. Ishak, Kepala Bappeda Lingga (Foto: Puspandito)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.