Basarnas Tanjung Pinang Tunjukkan Kesiapan Sarana Prasarana Siaga SAR Lebaran 1443 H

oleh
Kepala Basarnas Tanjung Pinang, Slamet Riyadi, memeriksa barisan personil Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran 1443 Hijriah. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Dalam rangka melaksanakan Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran Tahun 2022/1443 Hijriah di Provinsi Kepulauan Riau, Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang (Basarnas Tanjung Pinang) menunjukkan kesiapan sarana prasarana yang dimiliki Basarnas Tanjung Pinang, pada Apel Kesiapsiagaan yang dilaksanakan serentak dilingkungan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, Senin, 25 April 2022.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang (Kepala Basarnas Tanjung Pinang), Slamet Riyadi SH, mengatakan, apel kesiapsiagaan ini ditunjukkan dengan kesiapan Sarana Prasarana yang dimiliki oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang, seperti Sarana Darat 2 (dua) Unit Rescue Car, 3 (tiga) unit Truck Personil, 1 (satu) unit Rescue Truck, 1 (satu) unit Dmax Box, dan 2 (dua) unit Compartemen.

Sedangkan sarana laut, dilengkapi dengan 1 (satu) unit Kapal KN SAR Purworejo dengan Nomor Lambung Kapa 101 yang stanby di Dermaga Utama Basarnas wilayah barat, Sekupang Batam. Kemudian, 1 (satu) unit Kapal Rescue Boat 209 yang stanby di Dermaga Kampung Bulang, Tanjung Pinang, 2 (dua) unit Jetsky, 1 (satu) unit Rigit Inflatable Boat, dan Sarana udara berupa 1 (satu) Unit Helly BO 1522 yang stanby di hanggar Wing Udara 1 Kota Tanjung Pinang,” kata Slamet Riyadi.

Berita Viral :
BACA JUGA :  Terseret Arus Seorang Bocah di Karimun Belum Ditemukan

“Apel Kesiapsiagaan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk melayani para pemudik melalui jalur Darat, Laut, serta jalur Udara, khususnya daerah Kepulauan Riau. Dan kami sudah siapkan sarana dan prasarana yang bisa membantu para pemudik pulang kampung nantinya,” ujarnya.

Dijelaskan lagi oleh Slamet, ada 2 (dua) Pos Pencarian dan Pertolongan, serta 1 (satu) unit Siaga Pencarian dan Pertolongan, yang melaksanakan Siaga SAR.

Adapun dua Pos itu antara lain, Pos Pencarian dan Pertolongan Batam yang ikut melaksanakan Kesiapsiagan Siaga SAR, khusus yang memiliki sarana laut yang standbye, seperti Rigit Inflatable Boat, dan Rubber Boat, serta sarana darat, seperti Kendaraan Rescue Carir dan Rescue Compartemen yang digunakan untuk Siaga Lebaran.

BACA JUGA :  Cari Ikan Bersama Abangnya, Ari Terpeleset dan Tenggelam di Karimun

“Selain Pos Pencarian dan Pertolongan Batam, ada juga Pos Pencarian dan Pertolongan Tanjung Balai Karimun, serta Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan Lingga, yang masing masing mempunyai sarana untuk mendukung siaga SAR, Khusus Angkutan Lebaran tahun 2022/1443 H,” ungkap Slamet.

Sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, melalui Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang, bahwa dalam pelaksanaan Siaga SAR, khusus angkutan Lebaran 2022/1443 H, agar para personilnya dapat memperhatikan keselamatan dan mentaati Prokes pencegahan Covid-19.

“Bekerja secara profesional, militan, dan sinergi dengan seluruh potensi SAR berdasarkan prinsip Quick Response Of SAR,” tegasnya. 

Slamet juga menghimbau kepada masyarakat yang akan mudik, agar selalu memperhatikan dan menjaga keselamatan dan mentaati Prokes Pencegahan Covid-19 pada diri sendiri, sehingga sampai ke tujuan. (R Rich)

Shares
Rekomendasi Untuk Anda :

No More Posts Available.

No more pages to load.