Bersama Tim Gabungan, Lanud Hang Nadim Tangani Karhutla di Wilayah KKOP

oleh
Bersama Tim Gabungan, Lanud Hang Nadim menangani Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara Hang Nadim. (Foto : Lanud Hang Nadim Batam)

Sijori Kepri, Batam — Bersama Tim Gabungan, Lanud Hang Nadim Batam menangani Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di wilayah Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP) Bandar Udara Hang Nadim, Batam, (09/03/2021).

Komandan Lanud Hang Nadim (DanLanud Hang Nadim Batam), Letkol Pnb Iwan Setiawan, mengatakan, Karhutla ini sebelumnya juga pernah terjadi dalam kurun waktu yang sangat dekat, tepatnya tanggal 22 Februari 2021 yang lalu.

“Musin kemarau, serta tiupan angin yang kencang merupakan salah satu kondisi alam yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Hal ini perlu diantisipasi dan diwaspadai di musim-musim kemarau seperti ini,” kata Letkol Pnb Iwan Setiawan.

BACA JUGA :  Lanud Hang Nadim Batam dan Beverly Hotel Bagikan 1.500 Paket Sembako Kepada Masyarakat

Dari hasil pantauan di lapangan, Kadisops Lanud Batam, Mayor Lek Wardoyo mengatakan, sekitar kurang lebih 6 (enam) hektar wilayah KKOP yang sudah dilahap si jago merah pada kejadian kali ini.

“Bukan hanya masalah kebakarannya, namun akibat dari kebakaran tersebut mengakibatkan jarak pandang menjadi terganggu karena adanya asap disekitar landasan. Dan itu sangat membahayakan operasional penerbangan,” kata kang Odoy, sapaan akrab Mayor Lek Wardoyo.

Sementara itu, pihak Ditpam BP Batam, dipimpin oleh Wilem dalam kejadian ini mendapatkan barang bukti berupa satu unit kendaraan roda dua dengan Nomor Polisi BP 3503 FA yang diduga milik oknum atau pelaku yang melakukan pembakaran.

Dalam melakukan pemadaman, anggota Lanud Hang Nadim, bersama Tim Gabungan terdiri dari Ditpam BP Batam, Manggala Agni dan personel Damkar Pemko Batam, besinergi melakukan pemadaman api dengan cara tradisional atau manual. (Wak Dar)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.