Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
KEPRILINGGA

BPMPD Provinsi Kepri Sosialisasikan BUM Desa

×

BPMPD Provinsi Kepri Sosialisasikan BUM Desa

Sebarkan artikel ini

LINGGA (SK) — Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kepri, sosialisasikan tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMD) di Kabupaten Lingga, yang diikuti seluruh Kepala Desa dan Ketua BPD Sembilan Kecamatan, yang ada di Kabupaten Lingga, pada Kamis (19/11/15), kemarin.

Kepala BPMD Provinsi Kepri, melalui Kabid UEM, Nuraimah, saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk membentuk BUM Desa di setiap Desa yang ada di Provinsi Kepri, dan hal ini dapat terealisasi secepatnya.

Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita
Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita

“Kita berharap minimal ada satu atau dua Desa di Lingga, dapat membentuk BUM Desa, dalam waktu dekat setelah sosialisasi ini,” terangnya.

BACA JUGA :  Agung Mulyana Akan Ajukan Sultan Mahmud Sebagai Pahlawan Kepri

Strategi pembentukan BUM Desa, Kata Nuraimah, setiap BPD harus melakukan survey dan menggali semua potensi yang ada di Desa untuk dijadikan potensi yang dapat dikelola BUM Desa nantinya, untuk itu, setiap Kepala Desa, wajib mengakomodir usulan tersebut, dengan memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD).

“Untuk modal awal dapat diambil dari ADD, namun, kita belum menerima aturan berapa persen ADD tersebut dapat diambil untuk modal awal BUM Desa ini,” paparnya.

BACA JUGA :  Milyaran Dana Pendidikan Dari Tambang Bauksit Di Pertanyakan

Sementara itu, Rusli, Ketua BPD Desa Resun, yang merupakan juga salah seorang peserta dari Kecamatan Lingga Utara, menuturkan, ini suatu kegiatan yang sangat baik, dan juga langkah yang positif, kita berharap sosialisasi ini tidak hanya sampai disini saja, namun, ada kelanjutannya, khususnya dalam pengelolaan BUM Desa ini.

“Kita berharap tidak hanya sosialisasi, namun, ada kelanjutan khususnya pelatihan dalam pengelolaan BUM Desa ini, karena hal ini sangat penting dengan keterbatasan SDM yang dimiliki Desa,” ucapnya.

Rusli, mengaku, untuk Desa resun sendiri, akan mengupayakan agar BUM Desa, akan segera terbentuk, potensi yang dimiliki Desa Resun dibeberapa sektor, yakni, sektor pariwisata air terjun, pengelolaan air bersih dan beberapa kerajinan hasil masyarakat.

BACA JUGA :  Sosialisasikan KIS "BPJS GELAR PERTEMUAN DENGAN MEDIA"

“Kami siap mengelola potensi yang ada, tidak saja sumber daya alam yang ada, namun, hasil karya masyarakat juga layak untuk dikelola,” imbuhnya.

Hadir sebagai pembicara pada kegiatan tersebut adalah, Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Kepri, Kepala BPMD Kabupaten Lingga dan Kepala BPMD Provinsi Kepri. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

BPMPD sosialisasi BUM Desa (Foto: Puspandito)
BPMPD sosialisasi BUM Desa (Foto: Puspandito)