BINTANRAGAM

Buka Festival Keter Jong Race 2024, Wakil Bupati Bintan: Budaya Melayu Harus Terus Dilestarikan

×

Buka Festival Keter Jong Race 2024, Wakil Bupati Bintan: Budaya Melayu Harus Terus Dilestarikan

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, melepas Jong pada Festival Keter Jong Race 2024 di Kampung Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kabupaten Bintan. (Foto : Ist)

BINTAN — Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, didampingi Sekda Kabupaten Bintan, Ronny Kartika, secara resmi membuka Festival Keter Jong Race 2024 di Kampung Keter, Kelurahan Tembeling Tanjung, Kabupaten Bintan, pada Sabtu (2/3/2024) pagi. Pembukaan festival ditandai dengan melepas sampan layar mini tanpa awak, yang lebih dikenal dengan Jong.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith, menyatakan harapannya agar setiap budaya Melayu yang menjadi ciri khas masyarakat Bintan, seperti Jong Race, terus dilestarikan.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Pelestarian adat istiadat dan budaya Melayu tidak lepas dari peran serta kita semua, dimana mempertahankan sebuah kebudayaan tentu harus ada perhatian dari seluruh unsur, baik pemerintah daerah, Kecamatan, Kelurahan hingga masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan, Arief Sumarsono, menyatakan bahwa Festival Keter 2024 telah menjadi agenda pariwisata Kabupaten Bintan setiap tahunnya. Kegiatan ini diharapkan sebagai bagian dari pelestarian permainan tradisional sekaligus menjadi daya tarik wisata.

“Untuk tahun 2024 ini, ada 23 tim yang mengikuti kegiatan Jong Race, yaitu sebanyak 400 peserta. Selain lomba Jong, juga ada pertandingan tradisional lainnya, yaitu Lomba Anyam Ketupat, Lomba Lari Bakiak, Lomba Lari Patok Kelapa, dan lainnya,” tutupnya.

Follow