BATAMBP BATAMHEADLINEOLAHRAGA

Buka Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024, Rudi: Selamat Menikmati Pesona Batam “Kota Baru”

×

Buka Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024, Rudi: Selamat Menikmati Pesona Batam “Kota Baru”

Sebarkan artikel ini
Kepala BP Batam dan juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Raja Sapta Oktohari, melepas peserta Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024 di Nuvasa Bay Kota Batam. (Foto : Ist)

BATAM — Kepala BP Batam dan juga Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, secara resmi membuka Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024, ditandai dengan pelepasan peserta Road Race Individual Time Trial (ITT) kategori Women Under 23, di Nuvasa Bay, Kota Batam, pada Kamis (20/6/2024).

Kejurnas Road Race and Mountain Bike 2024 ini digelar mulai tanggal 20 Juni hingga 30 Juni 2024 di Batam, diikuti oleh ratusan peserta dari seluruh provinsi di Indonesia.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Turut hadir bersama Rudi, Tenaga Ahli Menteri mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga, Luhur Dewantoro, Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) juga sebagai Senior Vice President Asian Cycling Confederation (ACC) dan ASEAN Cycling Federation Advisor, Raja Sapta Oktohari, Ketua Kadin Batam juga sebagai Exco NOC Indonesia, Jadi Rajagukguk, serta Jajaran Forkopimda Kota Batam turut hadir dalam acara tersebut.

Rudi menyambut dengan hangat event olahraga nasional yang dapat digelar di Batam.

“Saya sangat berterima kasih Kejurnas ini dilaksanakan di Batam. Kami siap untuk membantu semua kegiatan nasional yang ada di Kota Batam ini,” kata Rudi, berharap bahwa event-event serupa dapat terus diselenggarakan di Batam.

Rudi optimis dengan kondisi infrastruktur Batam yang mumpuni saat ini, maka event nasional dapat secara rutin diselenggarakan di Batam dengan aman dan nyaman.

“Kami terus mengembangkan infrastruktur Batam. Mulai dari jalan dengan 6 lajur, kemudian Pembangunan Terminal II kita bangun, kita harapkan 2 tahun ke depan Bandara Terminal II akan mampu menampung 2 juta orang di Bandara. Sehingga event-event besar dapat kita sukseskan di Batam,” ujar Rudi optimis.

Rudi pun menjabarkan sejumlah proyek yang tengah dibangun akan semakin menyolek Batam menjadi salah satu kota terindah di Indonesia.

“Sehingga kami mengajak, ayo buat event di Batam. Jalan sudah bagus, infrastruktur modern, semua fasilitas ada, jika event nasional dan internasional masuk, maka investasi pun bisa masuk. Selamat menikmati Pesona Batam Kota Baru,” pungkas Rudi, mendapat tepukan hangat dari penonton.

Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) juga sebagai Senior Vice President Asian Cycling Confederation (ACC) dan ASEAN Cycling Federation Advisor, mengatakan, Batam adalah kota terbaik dan paling sempurna bagi penyelenggaraan kejuaraan nasional.

“Secara geografis dan infrastruktur, Batam sangat bagus untuk event dan kejuaraan tidak hanya nasional bahkan internasional. Saya yakin ini bukan yang terakhir, ini hanya permulaan, bukan hanya balap sepeda, cabor lain harus dilakukan di Batam,” kata Okto.

Pihaknya pun mengapresiasi dukungan penuh dari Wali kota Batam/Kepala BP Batam Muhammad Rudi yang juga selaku Ketua Umum PB ISSI Kepri.

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri Pemuda dan Olahraga, Luhur Dewantono yang hadir mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga mengatakan, Menpora sangat mendukung segala bentuk event kejuaraan dan pembinaan yang dilakukan di daerah.

“Mewakili Bapak Menpora kami sangat mendukung pembinaan dan turnamen olahraga nasional yang kali ini di Batam dan mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Daerahnya,” kata Luhur.

“Ini luar biasa, di sini kita lihat, saat semua sudah bersatu dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Kadin, maka olahraga Indonesia akan berjaya melahirkan atlet berprestasi,” tambah Luhur.

Adapun Kejurnas Balap Sepeda ini yakni Road Race untuk Road Bike, nomor yang dilombakan adalah Individual Time Trial (ITT), Team Time Trial (TTT) Criterium dan Road Race (IRR), venuenya adalah Nongsa Loops.

Sementara, Mountain Bike (MTB) digelar 25-30 Juni 2024. Peserta MTB akan melewati rute dengan venue Mangsang Bike Park, Tanjung Piayu, Kecamatan Sungai Beduk. Nomor yang diperlombakan adalah Cross Country Olympics (XCO), Cross Country Relay (XCR), Down Hill (DH), dan Enduro (End).

Selain Jajaran Forkopimda Kota Batam, hadir pula satu-satunya pembalap sepeda Indonesia dan Asia Tenggara yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024 disiplin trek Omnium Putra, bernama Bernard van Aert. Ia juga merupakan putra bangsa yang berhasil meraih ranking 20 dunia. Usai dari Batam, ia akan bersiap menuju Italia untuk Olimpiade Paris 2024. ***

(Wak Dar)

Follow