HEADLINETANJUNG PINANG

Buka Kepri Lantern Dream Parade 2023, Gubernur Ansar Ahmad Tekankan Pentingnya Toleransi

×

Buka Kepri Lantern Dream Parade 2023, Gubernur Ansar Ahmad Tekankan Pentingnya Toleransi

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Pj Wali Kota Tanjung Pinang, Hasan, Anggota DPR RI, Cen Sui Lan, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Bobby Jayanto, dan para tamu undangan menghadiri Pawai Lampion Kepri 2023. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menabuh gendang sebagai tanda dimulainya Kepri Lantern Dream Parade 2023 atau Pawai Lampion Kepri 2023. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Pj Wali Kota Tanjung Pinang, Hasan dan Tamu VIP lainnya menghadiri sekaligus membuka Kepri Lantern Dream Parade 2023 atau Pawai Lampion Kepri 2023, dengan tema “Secercah Cahaya, Sejuta Harapan”.

Pembukaan Kepri Lantern Dream Parade atau Pawai Lampion Kepri 2023 ini ditandai dengan penabuhan tambur oleh Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Pj Wali Kota Tanjung Pinang, Hasan dan Tamu VIP lainnya, di Gerbang Kota Tua Tanjung Pinang, Jumat, 29 September 2023, malam. 

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Kegiatan Kepri Lantern Dream Parade atau Pawai Lampion Kepri ini digagas Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjung Pinang (Disbudpar Tanjung Pinang) bersama Dewan Pengurus Daerah (DPD) Asosiasi Pariwisata Nasional (Asparnas) Provinsi Kepri tahun 2023 ini, merupakan tahun kedua penyelenggaraannya, dimana Kepri Lantern Dream Parade sukses digelar tahun lalu. 

Pawai Lampion Kepri 2023 dimulai dari Gerbang Kota Tua dan diikuti 30 kontingen yang berparade menuju pelataran Tugu Sirih. Ke 30 kontingen tersebut menampilkan atraksi masing-masing di garis finish. 

Selain Pawai Lampion, parade juga diisi dengan karnaval, atraksi seni budaya, dan tari kolosal. Acara juga dimeriahkan dengan Penampilan Winda Viska, Hudson Prananjaya, Magnetic Band, dan Marching Band Tunas Gurindam. 

Gubernur Ansar Ahmad, mengatakan, Festival Kepri Lantern Dream Parade 2023 ini selain untuk selebrasi memeriahkan Hari Jadi ke 21 Provinsi Kepulauan Riau, juga sebagai bentuk akulturasi budaya Tionghoa yang terintegrasi dengan budaya lokal di Tanjung Pinang.  

“Seperti yang kita ketahui, etnis Tionghoa yang mendiami Provinsi Kepri mencapai 7,70 persen. Sejak dulu kita selalu hidup berdampingan, rukun dan damai. Nilai-nilai toleransi pun sudah dibangun sejak dulu. Alhamdulillah kehidupan masyarakat Provinsi Kepulauan Riau tetap harmonis, rukun dan damai karena nilai-nilai toleransi sudah tertanam kuat di dalam diri,” ungkap Ansar, usai kegiatan.