Buka Musrenbang Anambas, Gubernur Ansar Ungkap Kunci Keberhasilan Mencari APBN

oleh
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama Bupati Anambas, Abdul Harris, Wakil Bupati Anambas, Wan Suhendra, dan para peserta Musrenbang RKPD Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Anambas — Buka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Kepulauan Anambas, Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyampaikan kunci keberhasilan mencari APBN. 

“Kunci keberhasilan mencari APBN adalah ‘Readiness Criteria’. Setelah semua ‘Readiness Criteria’ telah disiapkan, baru program strategis diusulkan ke pusat,” kata Ansar Ahmad, dalam sambutannya, di Kantor Bupati Anambas, Senin, (28/03/2022).

BACA JUGA : Oknum ASN Pemprov Kepri Digerebek Usai “Boboin” Istri Orang

BACA JUGA : Bos Sinar Makmur Jaya Ditemukan Tewas

Musrenbang RKPD tahun ini mengambil tema “Pemulihan Ekonomi, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Pembangunan Infrastruktur”. 

Pada kesempatan itu, Gubernur Ansar mengapresiasi disrupsi dan inovasi Bappeda Kabupaten Kepulauan Anambas yang telah merancang prototipe pembangunan Anambas walaupun baru diawali dengan Kota Tarempa untuk disusul dengan yang lainnya. 

“Untuk 20 atau 30 tahun ke depan, saya kira ini bukan mimpi. Kita yakinlah ke depan potensi-potensi kita dengan semangat bisa kita gali. Mudah-mudahan kita bisa membiayai itu semua,” ujar Ansar. 

Gubernur Ansar yakin, Anambas tinggal menunggu waktu untuk berkembang dan menyamai atau bahkan melebihi kota-kota indah di dunia seperti Albarracin di Spanyol atau Bled di Slovenia. 

“Kita punya potensi yang jauh lebih indah dari itu. Apalagi daerah Anambas ini,” kata Ansar. 

Menurutnya, Musrenbang merupakan kewajiban daerah. Mulai dari tingkat kelurahan/ desa, kecamatan, kabupaten / kota, provinsi, hingga Musrenbang tingkat nasional. 

BACA JUGA : Pembeli dan Pengedar Narkotika Ditangkap di Tanjung Pinang

BACA JUGA : 2 Kali Ditiduri, ABG di Tanjung Pinang Ini Telat Datang Bulan

“Kenapa dilakukan secara berjenjang?. Karena pola Musrenbang ini merupakan pola partisipatif, pola bottom up. Kita semua menerima berbagai masukan dan usulan termasuk reses DPRD, dihimpun lalu skala prioritaskan dan dibawa ke Musrenbang RKPD tingkat Provinsi,” jelas Gubernur Ansar. 

Kemudian, Ansar juga menyampaikan, bahwa dari 10 program strategis yang diajukan Pemprov Kepri dalam Rakor Gubernur se-Sumatera bersama Menteri PPN/Kepala Bappenas pada Rabu, (23/03/2022) yang lalu, 4 (empat) diantaranya berada di Anambas. 

“Jadi memang Anambas kita dorong betul-betul. Pertama kita mendorong pembangunan balai benih. Kemudian mendorong Pasar Loka, Pelabuhan Multi Purpose bongkar muat dan perikanan, serta Rumah Sakit, khususnya alkes di rumah sakit,” paparnya.

Turut mendampingi Gubernur Ansar dari Pemprov Kepri, Pj Sekdap Kepri, Eko Sumbaryadi, Staf Khusus Gubernur Sarafudin Aluan dan Nazaruddin, Kadis Pendidikan Kepri, Andi Agung, Kadis Kominfo Kepri, Hasan, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Kepri, Azwandi dan Kepala Biro Kesra Kepri, Aiyub. 

BACA JUGA : Tukang Ojek Ditipu di Tanjung Pinang

BACA JUGA : Diduga Bunuh Diri, Seorang Pria Jatuh dari Lantai 7 Hotel CK Tanjung Pinang

Sedangkan dari Kabupaten Anambas hadir langsung Bupati Anambas, Abdul Harris, Wakil Bupati Anambas, Wan Suhendra, Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Anambas, Anggota DPRD Provinsi Kepri Dapil Kepulauan Anambas dan Natuna, Sekda Kabupaten Anambas, Pimpinan Forkopimda Anambas, Pimpinan Instansi Vertikal, Para Asisten, Kepala OPD, Ketua dan Pengurus LAM Kabupaten Anambas dan Para Camat Kabupaten Anambas. (Red)