Buka Rakerkesda, Nizar Minta “DINKES TINGKATKAN PELAYANAN KESEHATAN”

oleh
Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Saat menghadiri Rakekesda di Gedung Nasional Dabo Singkep. (Foto : Puspandito)

SIJORIKEPRI.COM, LINGGA — Muhammad Nizar, Wakil Bupati Lingga, minta pelaksanaan Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) I, jangan hanya kegiatan seremonial saja, yang tidak memberikan kontribusi positif untuk peningkatan pelayanan kesehatan dasar terhadap masyarakat Lingga.

Dengan Rakerkesda ini, Nizar berharap, ada solusi dari berbagai hambatan bagi pelayanan kesehatan, apakah itu sarana prasaranan atau pun sumber daya manusia (SDM).

“Ikut Rakerkesda ini, jangan hanya sekedar duduk saja. Namun, dalam Rakerkesda harus didiskusikan secara mendalam, apa yang menjadi kendala, bagi program untuk perbaikan pelayanan kesehatan dasar di Kabupaten Lingga,” ungkapnya, ketika membuka Rakerkesda tingkat Kabupaten Lingga di Gedung Nasional Dabo Singkep, Senin, (13/03/2017).

Atas nama Pemkab Lingga, kata Nizar, dirinya memberikan apresiasi terjadap jajaran Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Lingga, yang telah membuat kegiatan Rakerkesda ini. Karena, selama berdirinya Kabupaten Lingga, baru kali ini ada kegiatan Raker bidang Kesehatan.

BACA JUGA :  Gubernur Kepri Kukuhkan Pengurus Kekerabatan Keluarga Lingga

“Saya mengapresiasikan atas digelarnya kegaiatan Rakerkesda I ini. Meski minim anggaran, kegiatan ini dapat digelar dengan baik. Semoga dengan adanya Raker ini, pelayanan kesehatan dasar terhadap masyarakat Lingga akan semakin baik,” terangnya Nizar.

Selain itu, Nizar juga meminta hasil Rakerkesda ini, memuat catatan penting tentang tujuan dan sasaran pelayanan Kesehatan dasar terhadap masyarakat Lingga, untuk dapat dijadikan acuan Pemkab Lingga dalam melakukan program pembangunan bidang Kesehatan.

“Program yang dilakukan ini nantinya, adalah program pembangunan yang mengacu pada Renstra Kesehatan Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri serta pemerintah pusat,” paparnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, Syamsu Rizal, menyampaikan, tujuan kegiatan Rakerkesda I dilakukan ini, untuk mendukung visi dan misi Pemkab Lingga dalam bidang Kesehatan. Dimana, hasil dari Rakerkesda ini akan menjadi dasar penyelesaian persoalan obat, fasilitas kesehatan, SDM dan pelayanan dasar Kesehatan di Puskesmas.

BACA JUGA :  KPU Tetapkan Pasangan Nizar Neko Pemenang Pilkada Lingga

“Rakerkesda yang dilakukan ini, adalah awal dari kebangkitan pelayanan Kesehatan di Lingga. Apa yang sudah dilakukan selama ini akan dievaluasi, untuk mencari apa saja kekurangannya, serta berbagai peraoalan Kesehatan lainnya. Minimal, pelayanan Kesehatan harus memenuhi standar pelayanan minimum,” sebutnya.

Untuk Kabupaten Lingga, lanjutnya, masih banyak persoalan yang harus diselesaikan guna memenuhi standar pelayanan minimal. Berbagai fasilitas, SDM harus segera dipenuhi. Pemenuhan fasilitas dan SDM ini mustahil dapat dilakukan dengan mengandalkan APBD Lingga, yang saat ini masih terbatas.

“Untuk itu, kami akan bersinergi dengan Pemprov Kepri dan pemerintah pusat, guna memenuhi berbagai fasilitas dan SDM bidang Kesehatan di Lingga,” imbuhnya.

Pembukaan Rakerkesda juga dihadiri, Bupati Lingga, H. Alias Wello, Kadis Kesehatan Pemprov Kepri, Tjejep Yudiana, Ketua Komisi I DPRD Lingga, Norden, Staf Khusus Bidang Hukum dan Pemerintahan, Rudi Purwonugroho, perwakilan Kapolres, Perwakilan Lanal dan FKPD lainnya. (SK-Pus)

BACA JUGA :  KKP Kelas 2 Tanjung Pinang Beri Bantuan Alat Rapid Test dan APD ke Pemkab Lingga

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.