, , ,

Bupati Bintan dan OPD Dinilai Tidak Berpihak Pada Penanggulangan Karhutla

oleh
Bupati Bintan dan OPD Dinilai Tidak Berpihak Pada Penanggulangan Karhutla 1
Pernyataan sikap bersama, antara OPD, Polisi, serta lintas vertikal, untuk menanggulangi dan mengatasi insiden kebakaran di Kabupaten Bintan. (Foto : Ist)
banner 1102x276

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bupati Bintan dan OPD Dinilai Tidak Berpihak Pada Penanggulangan Karhutla

SIJORIKEPRI.COM, BINTAN — Bupati Bintan, Apri Sujadi, berikut pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bintan, dituding tidak memberi kontribusi dalam penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Bintan. Padahal, Karhutlanya terbilang paling besar di lingkup kabupaten/kota se-Provinsi Kepri.

”Kebakaran hutan dan lahan hampir tiap hari terjadi di wilayah kabupaten Bintan. Kemana Bupati Bintan dan pimpinan OPD Pemkab Bintan selama ini? Yang turun, hanya petugas Pemadam Kebakaran (Damkar), polisi dan warga,” ujar warga Bintan, yang enggan namanya dipublikasikan, Kamis, (15/8/2019).

Yang mengherankan, lanjutnya, saat apel kesiapsiagaan penanggulangan Karhutla di wilayah Bintan, bupati dan pimpinan OPD, dengan lantang menyuarakan siap mencegah dan menindak tegas, kebakaran hutan dan lahan di wilayah kabupaten Bintan.

”Sikap ini tidak ubah sebuah retorika dan teori saja. Seharusnya, kepala daerah dan pimpinan OPD turun ke lokasi kebakaran. Lihat dengan penuh keprihatinan kondisi hutan yang terbakar. Bekas kebakaran jadi hangus dan tandus,” katanya penuh sesal.

Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Karhutla di wilayah Bintan yang digelar di Lapangan Bola Antam, Kijang, Bintan timur, dihadiri Bupati Bintan, Apri Sujadi, Wakil Bupati Bintan, Dalmasry Syam, Kapolres Bintan AKBP Boy Herlambang, Kepala Fasharkan Mentigi Tanjung Uban yang diwakili oleh Letkol Falatehan, Kepala Basarnas Tanjungpinang Mu’min Maulana, Sekda Kabupaten Bintan Adi Prihantara, pimpinan OPD Pemkab Bintan, petugas Damkar Bintan, dan sebagainya.

Kegiatan lain yang digelar dalam apel, dilakukan pemeriksaan peralatan pemadam kebakaran, seperti alat semprot air, pakaian Safety fire untuk personel, ketersediaan armada mobil Damkar, dan personil.

Kegiatan lain, juga dilakukan pernyataan sikap bersama, antara OPD, Polisi, serta lintas vertikal, menanggulangi dan mengatasi insiden kebakaran. Secara bersama-sama, pihak ini memekikkan ”Siap, Mencegah Dan Menindak Tegas, Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Wilayah Kabupaten Bintan, Stop Kebakaran, Bintan Bebas Kahutla, Bintan Gemilang”.

Bupati Bintan, Apri Sujadi, mengatakan, Karhutla menjadi permasalahan, mengingat cuaca dan angin yang cukup ekstrem. “Kita komitmen mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Bintan. Kita juga telah menyatakan sikap, secara bersama-sama, siap mengatasi Kebakaran Hutan dan Lahan,” kata Apri.

Bupati mengimbau seluruh komponen, terutama pengambil kebijakan di tingkat OPD, bersama-sama mensosialisasikan dan menyampaikan agar mencegah dan menanggulangan Karhutla.

”Kita harus cegah kebakaran hutan dan lahan secara menyeluruh,” pintanya. (Wak Tar)

banner 4921x615

banner 1280x160

banner 740x400

banner 1280x157

banner

banner 1050x130 banner 2560x472

banner 740x400

banner

loading...