, ,

Bupati Lingga Irup “PERINGATAN HARI PAHLAWAN”

oleh
Bupati Lingga Irup "PERINGATAN HARI PAHLAWAN" 1
Bupati Lingga, H. Alias Wello, Irup Peringatan Hari Pahlawan (Foto : Puspandito)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

LINGGA (SK) — Bupati Lingga, H. Alias Wello, bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2016 di Kabupaten Lingga, sementara bertindak sebagai Komandan upacara, Kapten Inf. Herwan Saputra, Danramil 05/ Daik Lingga, bertempat di Lapangan Merdeka Dabo Singkep, Kamis, (10/11/2016).

Dalam amanat Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, yang dibacakan oleh Bupati Lingga, H. Alias Wello, menyampaikan, Setiap tanggal 10 November, Bangsa indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para Pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

“Peristiwa tersebut memberi kita pelajaran moral, bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah “politik ketakutan”, melainkan “politik harapan”. Seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan. Pengalaman merebut dan mempertahankan kemerdekaan, juga menunjukkan betapa spirit kemerdekaan, juga menunjukkan betapa spirit perjuangan. Mental-karakter kepahlawanan memiliki daya hidup yang luar biasa, dalam menghadapi berbagai rintangan dan penderitaan,” ungkap Bupati Lingga.

Dilanjutkan, Peringatan hari Pahlawan harus mampu menggali upaya, bukan abunya. Dengan meminjam ungkapan Bung Karno, semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum, di atas kepentingan pribadi. Setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. dan oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya.

“Setelah Indonesia merebut kemerdekaanya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif. Kita butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan, melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa, tanpa terperosok pada sikap anti-asing,” kata Bupati Lingga.

Hadir pada upacara peringatan Hari Pahlawan 2016, antaralain, Wakil Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Ketua DPRD Lingga, Riono, beserta Anggota, SKPD, FKPD, Camat, Lurah, Kades serta masyarakat.

Usai upacara peringatan Hari Pahlawan, Bupati Lingga, H. Alias Wello, beserta jajaran melanjutkan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dabo Singkep. (SK-Pus)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner