, , , , ,

Bupati Meranti Serahkan Bantuan APD Kepada Petugas COVID-19

oleh
Bupati Meranti Serahkan Bantuan APD Kepada Petugas COVID-19 1
Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan, menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) kepada perwakilan Institusi penerima bantuan. (Foto : Humpro Meranti)

Bupati Meranti Serahkan Bantuan APD Kepada Petugas COVID-19
– Juga Lakukan MoU Dengan Lapas, Ormas, dan Perguruan Tinggi.

Bupati Meranti Serahkan Bantuan APD Kepada Petugas COVID-19 2
Bupati Kepulauan Meranti, H Irwan, melakukan MoU penangangan kesehatan antara Pemerintah Meranti dengan Lapas Kelas II B Selatpanjang, Ormas, dan Perguruan Tinggi. (Foto : Humpro Meranti)

Sijori Kepri, Meranti — Dalam rangka melindungi para petugas Medis, Ormas, Petugas Keamanan yang bekerja digaris depan dalam mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Kepulauan Meranti, Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan M.Si, menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) berupa Masker, Baju Azmat, Sarung Tangan, Disinfektan kepada perwakilan Institusi penerima bantuan, di Aula Kantor Bupati Meranti, Rabu, (8/4/2020).

Mengawali sambutannya, Bupati Meranti mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada para petugas Medis di RSUD, Puskesmas, Para ASN dan Non ASN, Kepolisian, TNI, Ormas, serta Akademisi yang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di Meranti. Sebab, kata Bupati, tanpa dukungan dan sinergitas semua pihak dan elemen masyarakat apa yang diharapkan yakni Meranti terbebas dari Virus Covid-19 akan sulit terwujud.

Kondisi terkini terkait Covid-19 di Kepulauan Meranti, belum ada yang terinveksi Covid-19, agar kondisi ini tetap terjaga Bupati Irwan mengimbau kepada masyarakat untuk terus menjaga diri dengan cara disiplin mematuhi semua arahan dari Pemerintah.

Dan kepada para petugas Kesehatan, Pihak Keamanan, Ormas yang bertugas digaris depan, Pemerintah Daerah akan selalu memberikan dukungan, seperti yang saat ini dilakukan dengan pemberian bantuan alat OPD. Bupati juga sangat memahami besarnya resiko yang harus dihadapi para petugas kesehatan dan pengamanan yang berada digaris depan. Untuk itu, perlu diberikan alat perlindungan diri agar dapat bekerja dengan aman dan tenang.

“Bagaimana para petugas Medis dan Keamanan ini dapat melindungi masyarakat, jika dirinya sendiri tidak terlindungi, untuk itu bantuan APD ini sangat diperlukan,” jelas Bupati.

Adapun bantuan yang diberikan berupa Masker Medis dan Kain produksi para warga binaan Lapas Kelas II B Selatpanjang yang diklaim telah memenuhi standar Kesehatan, Baju APD Azmat Astronouts, Disinfektan, serta Sarung Tangan dan Rapid Test.

Selanjutnya pada kesempatan itu, Bupati berharap kepada semua pihak khususnya tenaga kesehatan, pengamanan dan Ormas tidak perlu terlalu Paranoid dan bingung dalam menghadapi penyebaran Virus Covid-19. Yang terpenting adalah selalu menyesuaikan diri terhadap kondisi dilapangan dan tetap disiplin dalam mengikuti semua petunjuk dari Pemerintah.

“Jangan sampai masyarakat yang bekerja berbagai profesi menjadi tidak produktif, bahkan berhenti bekerja karena ketakutan,” jelas Bupati.

Turunnya produtifitas masyarakat dalam bekerja tentunya akan menimbulkan masalah baru bagi Kepulauan Meranti, yakni ekonomi daerah lumpuh dan masyarakat miskin akan semaki banyak.

Agar hal ini tidak terjadi, Bupati berharap kepada aparatur, tokoh masyarakat dan ormas dapat memberikan sosialisasi yang tepat kepada masyarakat agar roda perekonomian tetap berjalan dan aktivitas kehidupan masyarakat tetap berlangsung sebagaimana mestinya.

Kepada masyarakat yang bekerja diberbagai profesi, menurut Bupati Irwan dapat terus bekerja dengan beradaptasi, misal tukang pangkas rambut yang cukup beresiko karena berdekatan dan berbaur dalam satu ruangan dapat mengakali dengan senantiasa menggunakan Masker, jika perlu memangkas rambut diruangan terbuka dan selalu mencuci tangan.

Dan khusus bagi ASN di Kepulauan Meranti, Bupati mengingatkan, Covid-19 jangan dijadikan alasan untuk berhenti bekerja, sehingga tidak produktif. Karena jika itu terjadi maka pelayanan terhadap masyarakat akan terganggu, ekonomi lumpuh masyarakat kelaparan akan semakin banyak.

“Mari tetap berkinerja dalam melayani masyarakat,” ucap Bupati.

Terakhir Bupati Meranti meminta kepada masyarakat yang melakukan aktivitas diluar ruangan sesuai dengan arahan Pemerintah untuk senantiasa menggunakan masker, jaga jarak sosial (Sosial Distancing), serta selalu mencuci tangan.

“Mari kita tingkatkan disiplin dan kesadaran mematuhi arahan pemerintah, agar Kepulauan Meranti dapat terbebas dari penyebaran Virus Covid-19. Semoga dengan dukungan dan peran aktif semua pihak kondisi dapat kembali normal,” harap Bupati mengakhiri.

Kepala Dinas Kesehatan Meranti, dr. Misri, mengatakan, penyerahan APD dan Disinfektan ini, merupakan tindaklanjut Pemda dalam mengantisipasi dan penanganan penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti. Seperti diketahui Tim Gugus Tugas Covid-19 Meranti yang beranggotakan OPD terkait dibantu oleh Kepolisian, TNI, Ormas dan Masyarakat telah bersatu padu saling dukung untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Meranti.

Sekedar informasi dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan MoU penangangan kesehatan antara Pemerintah Meranti dengan Lapas Kelas II B Selatpanjang, Ormas, Perguruan Tinggi. MoU langsung ditandatangani oleh Bupati Kepulauan Meranti, Kadis Kesehatan Meranti dan perwakilan institusi terkait.

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Lapas Kelas II B Meranti Haidi Zamri, Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison, Kepala Dinas Kesehatan Meranti dr. Misri, Direktur RSUD Meranti dr. Ria, Para Kepala Puskesmas, Camat dan Kades, Perwakilan Ormas, Akademisi dan lainnya. (Jon)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *