,

Bupati Natuna Buka Secara Resmi “UKW ANGKATAN PERTAMA”

oleh
Bupati Natuna Buka Secara Resmi “UKW ANGKATAN PERTAMA” 1
Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, bersama Tim Penguji dan Peserta UKW Angkatan pertama Natuna. (Foto : Humpro Natuna)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Bupati Natuna Buka Secara Resmi “UKW ANGKATAN PERTAMA”

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal M.Si, membuka secara resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan pertama Natuna, yang diselenggarakan Forum Wartawan Natuna, di Rumah Makan Sisi Basisir, Ranai, Sabtu, (13/10/2018).

UKW diikuti 18 peserta dengan 3 (Tiga) formasi yaitu 6 (Enam) Muda, 6 (Enam) Madya dan 6 (Enam) Utama terdiri dari gabungan beberapa Organisasi media di Natuna yang berlangsung hingga, Minggu, (14/10/2018).

Hamid Rizal mengatakan, media dengan Pemerintah dapat bersinergi untuk membangun Natuna yang lebih baik, terlebih status Kabupaten Natuna bisa ditingkatkan menjadi Provinsi Natuna – Anambas, akan membuka peluang yang cukup baik.

Saya mendoakan kepada semua rekan-rekan wartawan yang mengikuti Uji Kompetisi Wartawan, agar bisa lulus menjadi wartawan profesional dan berkompeten. Melahirkan karya tulis jurnalis yang berkualitas sesuai tema.

“Saya bertekat untuk menghadiri acara UKW untuk bisa bertemu dengan tim penguji sekaligus menambah wawasan. Meskipun kurang tidur dan undangan baru diterima tadi malam, saya tetap berusaha untuk bisa hadir,” ujarnya.

“Saya berharap kepada semua wartawan Natuna, agar benar-benar melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai media kontrol pemerintah, dengan publikasi yang berimbang dan independen,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Tim penguji UKW Agung Prabowo M.Si, dari Universitas Veteran Yogyakarta, mengatakan, pihaknya merasa terhormat akan sambutan para pejabat di Natuna.

“Diluar dugaan, kami diperlakukan sangat luar biasa, dan disambut dengan baik,” ujar Agung.

Lebih lanjut, Agung menyampaikan, Universitas Veteran Yogyakarta, merupakan Universitas yang didirikan para Veteran dan dibina Departemen Pertahanan. Dalam perjalanannya, pada tahun 1994, ada kebijakan dari Negara bahwa Institut tidak boleh jadi lembaga pendidikan, sehingga memilih jadi Universitas Swasta.

“Namun seiring berjalannya waktu, dengan penuh perjuangan, akhirnya pada tahun 2014 berubah menjadi Negeri,” papar Agung, mengisahkan.

”Kami merupakan tim dari jurusan telekomunikasi pada saat itu difungsikan untuk mendidik wartawan. Jadi tim ini merupakan mantan wartawan. Dengan adanya keinginan bersama untuk meningkatkan mutu wartawan, maka pada tahun 2013 diajukan kepada Dewan Pers, agar bisa menjadi tim penguji,” terangnya.

Menurutnya, media juga harus didata, untuk pertanggungjawaban media itu sendiri. Apalagi zaman teknologi sekarang ini, hampir setiap orang bisa buat perusahaan media dan jadi wartawan, sehingga UKW dan verifikasi Media dianggap perlu.

“Untuk dipahami, Media yang belum terverifikasi oleh Dewan Pers tidak bisa memperoleh perlindungan dari Dewan Pers. Sebaliknya, Media sudah terverifikasi wajib dilindungi Dewan Pers, walaupun wartawannya belum terverifikasi,” terang Agung.

Hal senada disampaikan Panitia pelaksana Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Ramaliyus Piliang. UKW ini dapat dilaksanakan atas keinginan kuat dari teman-teman untuk melaksanakan UKW di Natuna melalui PWI. Sesuai instruksi dari Dewan Pers pusat, agar melakukan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) untuk menguji dan meningkatkan kualitas terhadap kemampuan menyajikan sebuah berita, sehingga mampu menarik minat baca.

Ditegaskan Piliang, pelaksanaan UKW ini adalah merupakan Forum Wartawan Natuna, bukan PWI, sebab banyak media yang bergabung didalamnya.

Dia juga mengucapkan banyak terima kasih kepada rekan rekan panitia, berkat kerjasama semua pihak pelaksanaan UKW ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

Acara pembukaan pelaksanaan UKW Natuna gelombang pertama dihadiri Ketua DPRD Natuna Yusri Pandi, Dandim 0318/Natuna Letkol Inf Yusuf Rizal, Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto S.I.K, Mantan Bupati Natuna Drs Ilyas Sabli M.Si, dan perwakilan Lanud RSA Ranai. (nard)

Bupati Natuna Buka Secara Resmi “UKW ANGKATAN PERTAMA” 2
Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, membuka secara resmi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan pertama Natuna. (Foto : Humpro Natuna)

Bupati Natuna Buka Secara Resmi “UKW ANGKATAN PERTAMA” 3
Bupati Natuna, H Abdul Hamid Rizal, menerima cindramata dari Tim Penguji UKW Angkatan pertama Natuna. (Foto : Humpro Natuna)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner