,

Cegah Meluasnya Kebakaran Hutan, Polresta Barelang Beri Arahan Kepada Kelompok Tani

oleh
Cegah kebakaran hutan, Kasat Bimas Polresta Barelang, Kompol Dunya Harun, bersama Kapolsek Galang, AKP Herman Kelly, memberikan pengarahan kepada Kelompok Tani. (Foto : Humas Polresta Barelang)

Sijori Kepri, Batam — Upaya Penanggulangan Kebakaran Hutan yang sering terjadi belakangan ini, membuat Kapolresta Barelang, Polda Kepulauan Riau, Kombes Pol Yos Guntur, mengerahkan Kasat Binmas Polresta Barelang, memberikan pengarahan kepada Kelompok Tani, di Aula Polsek Galang, Rabu, (24/02/2021).

Dalam arahannya, Kasat Bimas Polresta Barelang, Kompol Dunya Harun, mengucapkan terima kasih kepada bapak ibu yang sudah mau hadir dalam kegiatan ini.

“Seperti yang kita ketahui, bahwa sekarang kita sudah masuk musim kemarau, dengan adanya angin kencang yang mana sangat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla,” kata Kompol Dunya Harun, turut dihadiri Kapolsek Galang, AKP Herman Kelly, Ps Kanit Bimas, AIPDA Yohanes, Perwakilan Lurah Se-Kecamatan Galang, Bhabinkamtibmas Polsek Galang dan juga dari Kelompok Tani, sebanyak 20 orang.

Karhutla ini, lanjut Kompol Dunya Harun, merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo. Dimana jangan sampai terjadi dan apabila sudah terjadi, agar cepat ditangani atau dipadamkan.

“Jangan sampai meluas, dikarenakan Karhutla sangat merugikan kita dan juga mendapat protes dari negara tetangga,” ujar Dunya Harun.

BACA JUGA  Bawa Sabu Diselengkangan dan Dubur, 2 Wanita Ditangkap di Bandara Hang Nadim Batam

Dunya Harun juga menjelaskan, bagi para pelaku yang dengan sengaja membakar lahan atau hutan, dapat di pidana dengan hukuman penjara dan denda.

Jadi, lanjut Dunya Harun, kepada kelompok tani dan masyarakat, jangan sekali-sekali mencoba sengaja membakar lahan atau hutan.

“Kami sangat mengharapkan kepada masyarakat atau Kelompok Tani, apabila ada Karhutla di daerahnya masing-masing, agar cepat beritahukan kepada kepolisian. Baik itu kepada bhabinkamtibmas-nya atau kepada Polsek terdekat. Dan kami juga meminta bantu untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan,” tutupnya.

Kasubbag Humas Polresta Barelang, AKP Betty Novia, menambahkan, kepada bapak ibu yang memiliki lahan atau bekerja di lahan, apabila ingin membuka lahan, jangan dengan cara dibakar.

“Berhati-hatilah apabila sedang bekerja di lahan atau dekat hutan, jangan sampai menimbulkan kebakaran atau Karhutla,” tambah AKP Betty Novia. (Wak Dar)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.