BATAM

Dampingi Mendagri Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi dan Evaluasi APBD Kepri, Ansar Paparkan Capaian Strategis Pembangunan dan VoA

×

Dampingi Mendagri Pimpin Rakor Pengendalian Inflasi dan Evaluasi APBD Kepri, Ansar Paparkan Capaian Strategis Pembangunan dan VoA

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan Mendagri, Tito Karnavian saat diwawancara para wartawan. (Foto : Ist)

BATAM — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, mendampingi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tito Karnavian, pada acara Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Evaluasi Pelaksanaan APBD TA 2022, sekaligus Evaluasi APBD Triwulan I Tahun Anggaran 2023 Provinsi Kepri, di Grand Ballroom Hotel Marriot Harbour Bay Kota Batam, Jumat, 19 Mei 2023.

Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, Evaluasi Pelaksanaan APBD TA 2022, diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan melantunkan Sholawat Busyro, untuk kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video singkat 2 tahun kepemimpinan Gubernur Ansar dan Wagub Marlin di Kepri, sekaligus laporan singkat capaian hasil pembangunan kepada Mendagri Tito Karnavian. 

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Mengawali pemaparannya, Gubernur Ansar melaporkan capaian strategis pembangunan yang telah dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kepri dengan bersinergi bersama Pemerintah Kabupaten/Kota dan Stakeholder lainnya, di mana capaiannya yang terus membaik.

Mulai dari pertumbuhan ekonomi yang pada tahun 2021 berada pada kisaran 1,66 persen karena pandemi Covid-19 dan kemudian tumbuh menjadi 5,09 persen pada tahun 2022. 

Berikutnya Indeks Kerukunan Umat Beragama sebagai yang terbaik ke 2 se-Sumatera dengan nilai 74,78.

“Selanjutnya ada indeks kemiskinan Kepri yang terus turun di angka 6,03 dan jauh berada dibawah angka kemiskinan nasional yang ada di kisaran angka 9,54 persen. Ada indeks pendidikan di Kepri yang menempati posisi terbaik ke 4 secara nasional. Pun dengan kualitas kesehatan yang juga terus membaik,” jelas Gubernur.

Masih kata Gubernur Ansar, terkait dengan pengangguran terbuka yang terus berkurang dan mengalami penurunan, serta kunjungan wisatawan mancanegara yang masuk ke Kepulauan Riau yang terus meningkat. Dimana sepanjang tahun 2022 wisman yang masuk sebesar 785.155 wisatawan, dan naik dari saat masa pandemi Covid-2021 yang hanya sebesar 24.332 wisman.